Di Jakarta, Polisi Tingkatkan Pengamanan Gereja

Yogi Bayu Aji    •    21 Juli 2015 16:27 WIB
penyerangan
Di Jakarta, Polisi Tingkatkan Pengamanan Gereja
Irjen Tito Karnavian. Foto: Muhammad Adimaja/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengatakan, jajarannya akan meningkatkan pengamanan gereja di Ibu Kota. Kebijakan itu untuk mengantisipasi dampak negatif kerusuhan Tolikara, Papua. 

"(Kita) bangun dialog dengan gereja dan memperkuat pengaman di gereja di Jabodetabek, baik dari Polri dan Pangdam dan jajarannya," kata Tito usai pertemuan dengan organisasi masyarakat di Mapolda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (21/7/2015).

Tito mengatakan instruksi peningkatan pengamanan sudah disampaikan ke seluruh polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Hal serupa, kata dia, juga sudah dilakukan Pangdam Jaya Agus Sutomo yang juga hadir di pertemuan di Mapolda Metro.

"Saya yakin juga Pangdam sudah memberikan arahan untuk perkuat pengamanan di gereja sambil ada tim khusus dari Polda dan Mabes bekerja 24 jam untuk menjejaki kelompok yang ambil kesempatan," jelas Tito.

Namun, Jenderal Polisi bintang dua ini enggan mengungkapkan jumlah personel yang diterjunkan. Dia juga ogah menyebutkan gereja mana yang jadi fokus utama Korps Bhayangkara.

Mantan Kapolda Papua itu hanya meyakinkan, kondisi di Ibu Kota kondusif. Tak ada gerakan yang disinyalir ingin memprovoksi melalui isu kerusuhan Tolikara. Semua, kata dia, aman terkendali.

"Kita tidak ingin membuat kepanikan, tapi kita secara silent memperkuat, kita biasa proaktif. Personel tidak bisa disebutkan nanti orang yang berpotensi ganggu jadi tahu," pungkas dia.


(KRI)

Video /