Ekonomi Landai, Ini Tiga Sektor Saham yang Bisa Dipilih Investor

Dian Ihsan Siregar    •    21 Juli 2015 17:54 WIB
saham
Ekonomi Landai, Ini Tiga Sektor Saham yang Bisa Dipilih Investor
Ilustrasi. AFP PHOTO/ MOHD RASFAN

Metrotvnews.com, Jakarta: Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya mengatakan kondisi ekonomi Indonesia yang sedang melandai akibat dampak dari luar dan dalam negeri. Pelaku pasar (investor) diharapkan bisa memilih saham yang bagus dalam jangka waktu 1-6 bulan di sektor consumer goods, banking, dan trade (perdagangan).

"Untuk jangka pendek dengan melihat keadaan saat ini, seperti ekonomi Indonesia sendiri, Tiongkok dan Yunani yang untungnya diberi bailout, investor bisa memilih di sektor consumer dan banking. Bisa juga pilih di sektor trade, tiga sektor itulah yang bisa dimasuki oleh investor," kata William kepada Metrotvnews.com, Selasa (21/7/2015).

Pemilihan saham ketiga sektor ini dengan melihat acuan risiko. Di mana banking, consumer, dan trade sangat sedikit sekali risikonya, bahkan ketiga sektor itu setidaknya meraih pertumbuhan pendapatan.

"Perbankan sedikit sekali risikonya, bahkan ada pertumbuhan terus. Consumer orang butuh sehari-hari, disaat butuh perayaan dan lain, tidak hanya itu trade seperti itu juga," tuturnya.

Adapun dari tiga sektor yang disebutkan, tidak semua emiten bisa dipillih. Setidaknya untuk perbankan bisa memilih saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN).

Kemudian sektor consumer goods ada PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF). Sedangkan sektor perdagangan seperti PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA).

Sementara itu, dalam melihat jangka menengah, sektor banking masih tetap bisa dipilih oleh investor. Sebab, banking lebih banyak positifnya, dibanding raihan negatifnya. Meski, nanti ada sentimen dari The Fed dan lain.

"Banking ini kan almostly growth, walau kecil, mungkin tertekan, tetap growth. Banking termasuk penunjang perekonomian ke sana. Infrastruktur oke, dananya tetap banking," pungkas dia.


(AHL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /