Tips Mengatur Porsi Makan Sesuai yang Diperlukan Tubuh

   •    22 Juli 2015 10:49 WIB
kesehatan
Tips Mengatur Porsi Makan Sesuai yang Diperlukan Tubuh
Foto: ezinhow.com

Metrotvnews.com: Ada banyak orang yang makan tanpa berpikir. Mereka akan terus cenderung mengunyah tanpa memikirkan apa yang akan terjadi pada tubuhnya kelak (seperti obesitas).

Tetapi, mungkin beberapa dari Anda menganggap bahwa ini adalah hal yang sulit untuk dihentikan karena sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membiasakan pola makan yang lebih sehat.

- Membersihkan tempat
Sebelum makan Anda dianjurkan untuk memperhatikan piring, sendok, dan lingkungan di sekitar Anda. Karena ternyata, makan di tempat yang berantakan atau sambil berdiri bisa membuat Anda makan secara berlebihan. Apabila tempat Anda bersih, Anda akan menikmati makanan Anda dengan khidmat dan menghindari porsi ekstra tambahan.

 - Mengubah piring
Ini merupakan teknik yang Anda harus coba. Seperti yang diketahui, orang cenderung akan makan lebih banyak saat menggunakan piring yang besar. Jika Anda ingin membuat pola makan Anda dengan benar, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan piring kecil saat akan makan. Karena hal ini, bisa membuat Anda tidak tergoda untuk menaruh makanan lebih banyak pada piring Anda. Anda akan menyesuaikan porsi makan Anda dengan piring yang Anda pegang.

 - Perhatikan di mana Anda makan
Jangan pernah Anda makan di depan televisi atau di komputer. Besar kemungkinan ini akan membuat Anda tidak fokus pada makanan Anda. Dan tanpa Anda sadari, Anda bisa makan secara berlebihan.  Maka dari itu, makanlah di tempat yang benar seperti di ruang makan.

 - Hindari memegang gadget
Saat Anda sedang makan, letakkan gadget Anda. Karena Anda tidak akan mudah kenyang dengan pikiran yang bercabang. Anda selalu ingin menyuap dan mengunyah tanpa menyadari Anda makan sudah terlalu banyak. Ingat, saat Anda makan, tetap pastikan Anda makan dengan benar tanpa gangguan apapun. (Sumarni/ venusbuzz)


(AWP)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

3 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /