Fakta-fakta Menarik tentang Wortel

   •    22 Juli 2015 13:50 WIB
kesehatan
Fakta-fakta Menarik tentang Wortel
Foto: englishcakelady.com

Metrotvnews.com: Semua orang pasti tahu sayuran berwarna oranye berbentuk panjang bernama wortel. Sayuran ini selalu hadir dalam beberapa hidangan makanan baik itu yang direbus, digoreng maupun dikukus.

Banyak dari Anda mungkin sudah mengetahui manfaat memakan wortel khususnya untuk kesehatan. Tapi ada beberapa fakta menarik yang mungkin Anda lewatkan dari wortel.

- Wortel memiliki musim panen
Wortel memang selalu ada sepanjang tahun, tetapi itu bukan berarti wortel tidak memiliki musim panen seperti beberapa sayuran lainnya.

Wortel memiliki dua musim yang bisa membuatnya tumbuh subur. Pertama, mereka ditanam saat tanah mulai melunak pada awal musim semi (untuk panen akhir musim semi) dan ditanam kembali pada akhir musim panas (untuk panen musim gugur). Wortel bisa disimpan dalam jangka waktu panjang, itulah mengapa orang masih bisa menikmati wortel walaupun di musim dingin.

- Wortel mempunyai beberapa warna
Wortel tidak hanya berwarna oranye tetapi memiliki beberapa warna seperti ungu, merah tua, kuning pucat bahkan warna putih.

Mark Psilos, Direktur Associate Green City Market di Chicago, menjelaskan bahwa ada beberapa perbedaan besar dari varietas wortel tersebut. Terutama wortel yang berwarna ungu, menurutnya teksturnya sedikit lebih kuat dan renyah serta sangat bagus untuk sup daripada wortel yang berwarna oranye.

- Tidak ada wortel bayi
Meskipun bentuknya yang lucu, wortel bayi sesungguhnya tidak ada. Itu hanya perumpamaan orang saja karena bentuknya yang bulat dan kecil. Wortel bayi berasal dari wortel dewasa yang telah dipotong dan dipangkas menjadi lebih kecil. Wortel bayi yang sesungguhnya itu terjadi karena dipanen lebih awal sehingga tidak tumbuh ke ukuran normal.

- Cara menyimpan wortel
Untuk memastikan wortel tetap manis dan renyah, Anda perlu membuang kulit bagian luarnya dan menaruh di wadah tertutup yang berisi air. Simpan wadah tersebut pada lemari es Anda danmengganti airnya setiap 4-5 hari sekali. Jika disimpan dengan cara ini, wortel akan tetap segar dan tidak layu. (Sumarni/ foxnews)

 


(AWP)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

10 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /