Insiden Tolikara, Kepala BIN Beri Sinyal Ada Keterlibatan Asing

Desi Angriani    •    22 Juli 2015 14:12 WIB
penyerangan
Insiden Tolikara, Kepala BIN Beri Sinyal Ada Keterlibatan Asing
Sutiyoso. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala BIN Sutiyoso enggan memastikan adanya keterlibatan asing dalam insiden kerusuhan di Tolikara. Namun demikian, dia menyebut kemungkinan adanya keterlibatan pihak ketiga dalam peristiwa yang menewaskan satu orang itu sangat besar.

Dia tak menyebut dugaan kerusuhan itu didesain pihak tertentu. Yang jelas, kata dia, ada pihak yang memanfaatkan peristiwa itu untuk menyerang pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

"Harus ada investigasi untuk jawab itu kan kita enggak bisa nuduh sembarang orang. Penyelidikan polisi masih panjang. Bisa saja kan keterlibatan pihak asing," kata dia usai menghadiri halal bihalal di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Soal siapa pihak yang sengaja menyerang pemerintah, Sutiyoso juga enggan membeberkannya. "Ya kalian cari aja. Bolak balik kan nyalahin kita, itu saja," bebernya.   

"Orang itu memanfaatkan peristiwa ini untuk menyerang Pak Jokowi, nyerang pemerintahan," lanjut dia. 

Sutiyoso menolak insiden Tolikara disebabkan karena lemahnya BIN menjalankan fungsi intelijen yang merupakan fungsi utamanya. Jika ada pihak yang menyalahkan BIN, kata dia, adalah pihak yang sengaja memanfaatkan isu untuk menyerang dirinya. 

"Ya tahulah anda waktu aku mau dilantik ada yang pro dan kontra," ungkap dia.

Menurut bekas Gubernur DKI Jakarta ini, BIN sudah memberikan informasi terkait dugaan kerusuhan seminggu sebelum kejadian. Hal itu langsung direspons aparat kepolisian setempat dan bupati, tokoh agama, termasuk Presiden GIDI.

"Salah alamat. Enggak ngerti tupoksi nya BIN. Tugasnya BIN itu memberikan informasi. Informasi sudah kita berikan tanggal 11 Juli, direspons oleh aparat. Pada hari-H nya tgl 17 dia jaga. Kalau enggak ada informasi dari kita dari mana dia dapat informasi gitu," tutur Ketum PKPI ini.

Seperti ramai diberitakan, kerusuhan di Tolikara pecah beberapa hari setelah beredarnya surat yang berisi pelarangan umat Muslim untuk beribadah. Di surat itu tertulis tiga poin yang dinilai kontroversial.


(KRI)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

19 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /