Sejak Lebaran, Terjadi 9 Kasus Kebakaran di Kota Bandung

Roni Kurniawan    •    22 Juli 2015 19:17 WIB
Sejak Lebaran, Terjadi 9 Kasus Kebakaran di Kota Bandung
Sejumlah pedagang berjualan di depan sisa kios yang hangus pascakebakaran yang melanda Pasar Induk Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/7). Foto: Antara/Novrian Arbi

Metrotvnews.com, Bandung: Sejak Lebaran hingga H+4 Lebaran atau Selasa 21 Juli terjadi sembilan kasus kebakaran di Kota Bandung. Kebakaran paling besar melanda Pasar Induk Gedebage.

"Jumlah kebakaran di Kota Bandung dari Lebaran sampai hari ini ada sembilan kejadian. Paling besar di Gedebage," ujar Kepala Dinas Pencengahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, Ferdy Ligaswara, Rabu (22/7/2015).

Menurut Ferdi, salah satu sumber kebakaran adalah arus pendek atau korsleting. Diakui Ferdi, semrawutnya instalasi listrik, terutama di pasar, perlu mendapatkan perhatian khusus dari pengelola pasar maupun penanggung jawab kelistrikan.

"Pasar memang banyak jadi titik rawan kebakaran karena di sini banyak kabel yang seharusnya sudah diganti dan instalasi kwh-nya tidak standar," imbuhnya.

Sebelumnya, lanjut Ferdi, DPPK sudah mencoba beberapa kali memberikan pembekalan terhadap pengelola maupun penghuni pasar atau pusat-pusat keramaian lain.

"Itu semua harus diikuti dengan pelatihan oleh manajemen gedung atau pengelola pasar terhadap pemadaman dan penggunanaan alat, serta keterampilan SDM," pungkasnya.

Namun ia mengungkapkan, saat ini mayoritas tempat perbelanjaan atau keramaian masih minim alat pemadam kebakaran (APK) seperti Alat Pemadam Api Ringan (Apar) dan hydrant yang sesuai standar. Termasuk di rumah-rumah warga.
(UWA)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /