Dolar Masih Tahan Penguatan Rupiah

Dian Ihsan Siregar    •    23 Juli 2015 07:49 WIB
kurs rupiah
Dolar Masih Tahan Penguatan Rupiah
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) tidak jauh berbeda dengan perkiraan sebelumnya. Laju rupiah masih terus tertekan seiring terapresiasinya pergerakan USD.

"Turunnya sejumlah harga komoditas yang dimotori oleh komoditas minyak mentah dunia memberikan imbas positif bagi laju USD untuk dapat bergerak menguat," ujar Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (23/7/2015).

Menurut dia, meski di pasar valas global mulai terlihat adanya aksi ambil untung atas terapresiasinya USD, tapi belum berpengaruh positif terhadap mata uang Garuda ini.

Dia menambahkan, berlanjutnya penguatan USD selama libur panjang Lebaran dikhawatirkan dapat memberi imbas negatif pada laju rupiah di hari pertama setelah libur. Apalagi dari dalam negeri belum ada berita positif signifikan yang dapat langsung mengangkat nilai tukar rupiah.

Maka dari itu, rupiah ditaksir akan berada di bawah level support Rp13.334 per USD. Selain itu, belum adanya tanda-tanda penguatan dapat membuat rupiah kembali melemah. Ditambah lagi, belum adanya sentimen maupun aksi yang dapat menahan pelemahan, dikhawatirkan akan membuat rupiah kian longsor.

Reza melanjutkan, kombinasi masih kuatnya USD dan belum ada berita positif signifikan yang dapat langsung mengangkat nilai tukar rupiah dapat mengganjalnya kembali ke zona merah. Diharapkan terdapat adanya aksi menahan pelemahan agar rupiah tidak terus melemah.

Namun demikian, Reza berharap kepad ainvestor untuk tetap mengantisipasi dan mencermati setiap sentimen yang dirilis. "Dalam satu hari ini laju rupiah akan berada di level Rp13.375-Rp13.359 per USD (kurs tengah BI)," sebut dia.


(AHL)

Perbandingan Statistik Chelsea dengan Roma
Jelang Chelsea vs AS Roma

Perbandingan Statistik Chelsea dengan Roma

14 minutes Ago

Chelsea yang merupakan jawara Liga Primer Inggris, berada di puncak klasemen dengan mengoleksi …

BERITA LAINNYA
Video /