Pasokan Melimpah, Harga Minyak ke USD49/Barel

Antara    •    23 Juli 2015 08:26 WIB
minyak mentah
Pasokan Melimpah, Harga Minyak ke USD49/Barel
Ilustrasi minyak -- FOTO: Reuters/Lucy Nicholson/

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak dunia turun pada perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), setelah data pemerintah AS menunjukkan persediaan minyak mentah lebih tinggi. Kondisi ini semakin menambah kekhawatiran tentang kelebihan pasokan global.

AFP melansir, Kamis (23/7/2015), harga patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September, turun USD1,67 per barel menjadi USD49,19 per barel di New York Mercantile Exchange.

Pelemahan harga minyak yang berada di bawah USD50 per barel ini merupakan yang pertama kalinya sejak 2 April. Sementara itu, harga patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman September turun 91 sen menjadi USD56,13 per barel di perdagangan London.

Departemen Energi mengatakan stok minyak mentah komersial AS naik 2,5 juta barel pada pekan lalu, sementara persediaan di Cushing, Oklahoma bertambah 800.000 barel. Laporan juga menunjukkan produksi minyak mentah AS sedikit berubah serta mendekati rekor sekitar 9,6 juta barel per hari.

Analis juga menyebutkan bahwa penguatan dolar turut menjadi hambatan bagi harga minyak mentah. Karena minyak mentah dijual dalam dolar di pasar global, komoditas menjadi lebih mahal untuk pembeli yang menggunakan mata uang lainnya ketika greenback menguat.

Penurunan harga minyak di bawah USD50 per barel bisa memiliki dampak psikologis, sehingga menyebabkan penjualan lebih lanjut, demikian menurut analis Citi Futures, Tim Evans.


(AHL)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

1 day Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /