Sutiyoso Kumpulkan Kapolri, Panglima, dan Pemuka Agama

Yogi Bayu Aji    •    23 Juli 2015 11:07 WIB
penyerangan
Sutiyoso Kumpulkan Kapolri, Panglima, dan Pemuka Agama
Kepala BIN Sutiyoso dan mantan Kepala BIN Marchiano Norman---MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Intelijen Negara Letjen TNI (Purn) Sutiyoso menggelar pertemuan di rumah dinasnya. Dia mengumpulkan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo serta beberapa pemuka agama.

Mereka yang tampak hadir adalah Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) M. Arief Rosyid Hasan, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Muhammad Rifai Darus, dan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud. Ada pula Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Ignatius Suharyo, dan Sekretaris Umum Majelis Pengurus Harian Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Gomar Gultom.

"Perlu pemahaman tentang pentingnya persatuan kesatuan. Pemuka agama tokoh dan pemuda saya harapkan bagaimana bisa memberikan contoh betapa pentingnya persatuan kesatuan kita jalin," kata Sutiyoso di Rumah Dinas KaBIN, Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, Rabu (23/7/2015).

Pertemuan ini digelar secara tertutup. Acara ini berkaitan dengan penanggulangan pascakerusuhan di Tolikara, Papua, pada Jumat 17 Juli lalu. Menurut dia, ada pihak ketiga yang sengaja memanfaatkan momen tersebut.

"Ada pihak ketiga yang mengincar resources energi. Negara kita juga kaya raya resources terutama Papua yang kita tak tahu kekayaan di dalamnya. Tapi yang lain bisa deteksi lewat satelit. Kita negeri kaya raya SDA dan SDMnya nomor empat di dunia," jelas dia.

Sutiyoso pun berharap, kericuhan di Tolikara tak terus berlarut. Dia meminta semua pihak bisa menahan diri, agar konflik yang sempat terjadi justru malah menguntungkan pihak yang mengincar kekayaan Papua.

"Kalau kita terus berkelahi itu tak akan bisa dimanfaatkan potensinya karena membangun bangsa butuh kekompakan. Jangan berkelahi karena perbedaan," pungkas dia.


(TII)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /