Penjual Janur Ramaikan Persiapan Tradisi Telasen Topak di Pamekasan

Agus Josiandi    •    23 Juli 2015 12:38 WIB
lebaran 2015
Penjual Janur Ramaikan Persiapan Tradisi Telasen Topak di Pamekasan
Penjual janur di Pamekasan menyambut tradisi Taselan Topak, Metrotvnews.com/ Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Pamekasan: Penjual janur menjamur di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Mereka menjual janur untuk bahan membuat ketupat yang akan digunakan dalam hari raya ketupat atau dikenal dengan istilah 'Telasen Topak''.

Biasanya, warga Pamekasan menggelar tradisi hari raya ketupat sepekan setelah salat Idul Fitri. Warga pun menyiapkan ketupat untuk tradisi tersebut.

Tak heran, penjual janur berjamur di Pasar 17 Agustus Pamekasan. Mereka menjual dengan beragam jenis dan bentuk janur.

"Kalau janur yang masih belum dibentuk menjadi ketupat sepuluh ribu per 50 lembar," kata Raisa, seorang pedagang sambil melayani pembeli, Kamis (23/7/2015).

Sementara harga jual janur yang sudah dibentuk menjadi ketupat harganya bisa mencapai Rp5.000 hingga Rp8.000 per 10 buah ketupat. Harga ini dua kali lebih mahal jika dibandingkan hari biasa, mengingat tingginya permintaan dan animo masyarakat Madura menyambut 'Telasen Topak' besok.

Di Bangkalan, para pedagang janur harus mendatangkan dagangannya dari Surabaya dan wilayah lain di Madura. Hal ini menyebabkan harga janur jauh lebih mahal dari harga biasa.

"Kalau biasanya seribu 10 lembar, sekaran lima ribu 10 lembarnya. Maklum telasen topak," terang Aisyah, salah seorang penjual janur di pasar Ki Lemah Duwur, Bangkalan, Madura.

'Telasan topak' adalah salah satu tradisi tahunan yang sudah berkembang sejak lama di Madura. Telasan topa' digelar satu minggu setelah Idul Fitri yang ditandai dengan pembuatan ketupat dan sajian kuliner khas lainnya.
 


(RRN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /