Mentan: Kemungkinan Kekeringan Sangat Kecil

Eko Nordiansyah    •    23 Juli 2015 14:44 WIB
kementan ads
Mentan: Kemungkinan Kekeringan Sangat Kecil
Mentan Amran Sulaiman. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan kemungkinan kekeringan terjadi di Indonesia sangat kecil. Bahkan, dalam kunjungannya ke daerah-daerah kekeringan di bulan ramadan kemarin, hanya sedikit potensi terjadi kekeringan.

"Kami sudah menerima laporan kurang lebih 30.000 hektare (ha) yang kami kunjungi, kemungkinan kekeringan sangat kecil," ujarnya di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (23/7/2015).

Namun demikian, dia menegaskan Kementerian Pertanian telah mengantisipasi lebih awal, sejak Januari, dengan membangun irigasi, membagikan pompa, alat mesin pertanian dan perbaikan infrastruktur lainnya.

"Sekarang ini untuk mengantisipasi kekeringan kita menyiapkan pompa kurang lebih 20.000 unit. Hari Senin, kami akan bergerak mengecek lagi hasil dari pompa, pembangunan embung, dan irigasi. Ini saya yakin sangat bermanfaat untuk petani kita," terang Amran.

Sementara itu, sebanyak Rp880 miliar telah disiapkan sebagai anggaran untuk menghadapi kekeringan. Sedangkan untuk membangun irigasi dan membangun embung di semua daerah endemis kekeringan, Kementan sudah menyiapkan anggaran hingga Rp100 miliar.

"Itu kurang lebih 200.000 hektare setiap tahun. Kita Kementerian Pertanian akan terus berupaya mengurangi kemungkinan kehilangan produksi yang diakibatkan kekeringan tahun ini," pungkas dia.


(AHL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /