Pertalite Diluncurkan, Premium Kemungkinan Lenyap?

Suci Sedya Utami    •    23 Juli 2015 15:02 WIB
pertalite
Pertalite Diluncurkan, Premium Kemungkinan Lenyap?
Pertalite (Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) bakal meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite pada Jumat 24 Juli. Pertalite dikeluarkan bertujuan sebagai pilihan bagi masyarakat. Namun, akankah bensin dengan kadar oktan 90 ini secara perlahan melenyapkan BBM jenis premiun beroktan 88 yang lebih rendah?
 
Menko Perekonomian Sofyan Djalil tidak menampik ada kemungkinan BBM jenis premium akan lenyap sejalan dengan hadirnya BBM jenis pertalite. Pasalnya, pertalite menawarkan kandungan oktan yang lebih baik bagi lingkungan. Tujuan ini sesuai dengan target pemerintah untuk menerapkan standar emisi European Emission Standard (Euro) di Indonesia. 

"Sasaran kita ke sana tapi kalau refinary (perbaikan kilang minyak) sudah baik. Sekarang refinary kita sudah ada yang 40 tahun, kita belum mampu mengeluarkan standar Euro," terang dia, di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/7/2015). 

Menurutnya, jika menggunakan standar Euro maka mesin-mesin yang baru akan terlindungi. Namun kenyataannya, di Indonesia masih saja ada kendala soal kualitas BBM. Dengan kilang minyak yang sudah tua, kualitas BBM yang dihasilkan dari pengolahan minyak menjadi BBM atau pencampuran masih rendah seperti premium RON 88.

"Karena itu semakin tinggi oktan semakin bagus. Semakin bagus bagi pembakaran di mesin dan bagus bagi lingkungan. Tapi karena belum mampu kita masih toleran dengan premium. Pertalite yang di-launch Pertamina sekarang adalah untuk memperbaiki itu," jelasnya.

Dirinya menambahkan, pemerintah kini sedang berupaya untuk memperbaiki kilang minyak yang ada dan ditargetkan dalam waktu dua tahun sampai tiga tahun ke depan bisa segera rampung.  "Targetnya kalau refinary kita selesai dalam 2-3 tahun ke depan semakin kita kurangi saja premium. Karena targetnya tidak boleh lagi ada oktan yang kurang dari standar minimum," terang dia.

Namun yang pasti, dia menegaskan, peluncuran pertalite memiliki tujuan untuk memberikan pilihan kepada masyarakat mana bensin yang oktannya lebih bagus sesuai dengan standar Euro.

"Kita tidak mempermasalahkan masyarakat mau beli bensin yang jenis mana. Masyarakat juga sudah semakin sadar oktan semakin tinggi semakin baik bagi mesin dan lebih kuat tenaganya," pungkasnya.


(ABD)

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan
Jelang Atletico Madrid vs AS Roma

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan

55 minutes Ago

Atletico Madrid wajib memenangi laga lanjutan Liga Champions matchday kelima atas AS Roma di St…

BERITA LAINNYA
Video /