Sumsel Dorong Investasi Sektor Perikanan

Antara    •    23 Juli 2015 17:30 WIB
perikanan
Sumsel Dorong Investasi Sektor Perikanan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Metrotvnews.com, Palembang: Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan (Sumsel) mendorong investasi sektor perikanan untuk mengoptimalkan keunggulan dari sisi luas perairan yang mencapai 2,5 juta hektare (ha).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel Galamda Israk mengatakan, pemerintah daerah saat ini gencar mempromosikan ke kalangan pengusaha lokal dan mancanegara mengenai peluang membuat investasi jangka panjang di Sumsel.

"Investor ditawari menanamkan modal untuk pembuatan tempat penyimpanan ikan, pembuatan pabrik pengolahan ikan, pembuatan kolam, dan pembelian kapal," kata dia, di Palembang, Kamis (23/7/2015).

Ia menambahkan, dengan potensi yang dimiliki Sumsel ini yakni tercatat sebagai provinsi yang memiliki perairan umum terluas di Indonesia, Sumsel optimistis mampu mencapai target investasi sebesar Rp790,66 miliar pada 2015 atau meningkat tipis dari capaian tahun lalu yang membukukan Rp790,48 miliar.

"Memang tidak setiap tahun ada perusahaan yang membuat lemari pendingin penampungan ikan dan pabrik baru pengolahan ikan, tapi dengan keberadaan Pusat Pengembangan Perairan Umum di Palembang pada tahun ini yang menjadi satu-satunya di ASEAN diyakini menjadi daya tarik tersendiri bagi investor," kata dia.

Ia menambahkan, industri pengolahan merupakan sektor yang sangat berpotensi dikembangkan karena luas perairan umum Sumsel mencapai 2,5 juta hektare dengan produksi 97.000 ton pada 2014.

"Investasi di industri pengolahan ini terus didorong karena produksi perikanan di Sumsel ini tergolong tinggi dan di atas rata-rata nasional, jika tidak ada industri pengolahan maka tidak ada nilai tambahnya atas ribuan ton ikan yang dihasilkan," pungkas Galamda.


(ABD)

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Cancelo Segera Berseragam Inter Milan

4 hours Ago

Joao Cancelo akan segera menandatangani kontrak bersama Inter Milan. Itu terjadi setelah dia lo…

BERITA LAINNYA
Video /