Dikasih Ahok Rp30 Miliar, Ini Barang yang Dibeli Kostrad

Wanda Indana    •    24 Juli 2015 13:36 WIB
basuki tjahaja purnama
Dikasih Ahok Rp30 Miliar, Ini Barang yang Dibeli Kostrad
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Pangkostrad Letjen Mulyono. (Foto: Wanda)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghibahkan duit Rp30 miliar untuk Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad). Duit diberikan untuk meningkatkan operasional Kostrad dalam menjaga keamanan Ibu kota.
 
Uang itu digunaan Kostrad untuk membeli 900 set peralatan pengamanan anti huru-hara, empat truk, 50 sepeda motor, dan lima bus.
 
"Kita bantu untuk keamanan. Pemberian hibah tergantung kebutuhan. Ini untuk tiga kompi, jadi mereka bisa gerak cepat kalau Ibu Kota ada apa-apa. Kostrad memang untuk pengamanan Ibu Kota," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama di Makostrad, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015).
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan, pemberian hibah berasal Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2014 dan 2015. Pemberian dalam bentuk uang, sedangkan pengadaan dilakukan oleh pihak Kostrad.
 
"Kita kasih uang, barangnya mereka yang beli. Bantuan dana atau hibah harus ada pertanggungjawaban. Pertanggungjawabannya dikasih liat fisik barangnya, belinya berapa. Pengadaan barang sesuai dengan peraturan presiden," ujarnya.
 
Panglima Kostrad Letjen Mulyono mengatakan, pemberian hibah dilakukan dalam rangka mendukung keamanan di Ibu Kota. Dia meyakini, penambahan sejumlah alat pengamanan ini akan meningkatkan keamanan Jakarta.
 
"Kami sadari untuk situasi tertentu mobilitas menggunakan truk sulit sehingga dengan motor bisa bergerak cepat di manapun dibutuhkan di Jakarta," tutur Mulyono.
 
Mulyono menjelaskan, Kostrad merupakan pasukan cadangan yang bertugas menciptakan keamanan Jakarta. "Kostrad mobilisasinya seluruh Indonesia, Jakarta termasuk di dalamnya. Tapi pusat standarisasi keamanan di Jakarta. Pada saat di Jakarta terjadi apa-apa pasti kostrad akan standby," pungkas Mulyono.


(FZN)


Cedera Membaik, Andik Vermansah Siap Hadapi Filipina
Piala AFF 2018

Cedera Membaik, Andik Vermansah Siap Hadapi Filipina

1 hour Ago

Andik mengalami cedera lengan membantu Indonesia menghadapi Thailand di Rajamangala Nation…

BERITA LAINNYA
Video /