KPU: Jika Calon Hanya Risma, Pilkada Surabaya Ditunda

Achmad Zulfikar Fazli    •    24 Juli 2015 13:44 WIB
pilkada serentak
KPU: Jika Calon Hanya Risma, Pilkada Surabaya Ditunda
Dukung Risma----Ant/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan kembali maju sebagai bakal calon Wali Kota Surabaya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015. Risma berpotensi tak punya saingan, lantaran sejauh ini belum ada tokoh yang berani melawan Risma.

Menanggapi fenomena tersebut, Komisioner KPU Ida Budhiati mengatakan, KPU akan memberikan perpanjangan waktu pendaftaran selama tiga hari bagi daerah yang hanya punya satu pasangan calon.

"Ya berdasarkan hukum formal, KPU kan sudah menegaskan di dalam PKPU Nomor 12 Tahun 2015, kalau sampai dengan berakhirnya masa pendaftaran tidak terdapat sekurang-kurangnya dua pasangan calon, KPU provinsi dan kabupaten kota sebagai penyelenggara pemilihan itu dapat memperpanjang masa pendaftaran selama tiga hari," kata Ida kepada Metrotvnews.com di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jumat (24/7/2015).

Jika selama tiga hari itu tetap hanya ada satu pasangan calon, pemilihan Wali Kota Surabaya terancam ditunda hingga 2017. "Kalau selama tiga hari itu kemudian juga masih tidak ada yang mendaftar, pemilihannya dilakukan penundaan mengikuti serentak pada 2017. Nah, tentu kita tidak bisa menyimpulkan karena masa pendaftaran itu masih dibuka pada 26 harus Minggu yang akan akan," jelas.

Kendati demikian, ia berharap partai politik dan partai gabungan partai politik dapat mempersiapkan kader terbaiknya untuk maju dalam Pilkada 2015.

"Kami sangat berharap kepada partai politik atau gabungan parpol untuk mempersiapkan kader-kader terbaiknya untuk dipromosikan duduk pada jabatan politik, mengisi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah," tandas dia.


(TII)


Video /