Usai Lebaran, 70 Ribu Pendatang Diprediksi Serbu Ibu Kota

Intan fauzi    •    24 Juli 2015 15:06 WIB
Usai Lebaran, 70 Ribu Pendatang Diprediksi Serbu Ibu Kota
Ilustrasi arus balik. Foto: Galih Pradipta/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor memprediksi 70.000 pendatang baru bakal menyerbu DKI Jakarta, usai lebaran tahun ini. Dari jumlah itu, sebanyak 11 persen diperkirakan akan menetap di Jakarta Selatan.

"Arus balik pasca lebaran, banyak yang mengadu nasib ke DKI Jakarta diperkirakan akan ada tambahan 70 ribu jiwa dan yang menetap di Jakarta Selatan diperkirakan 11 persen atau 7.700 jiwa," kata Syamsudin saat menghadiri pengarahan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta di Kantor Walikota Selatan, Jalan Prapanca Raya, Jakarta Selatan, Jumat (24/7/2015).

Mengatasi serbuan pendatang, Syamsudin menuturkan, Pemkot Jakarta Selatan sudah memiliki strategi. Pertama, menyosialisasikan peraturan kependudukan dan peraturan lain yang menyangkut ketertiban umum. 

"Kedua, operasi bina kependudukan terpadu bersama SKPD/UKPD terkait," jelas Syamsudin.

Kemudian, bagi penduduk yang memenuhi syarat akan diberikan KTP DKI, sedangkan bagi yang ingin tinggal sementara akan diberikan surat keterangan domisili dementara (SKDS).

"Kita harapkan mereka yang memenuhi persyaratan bisa menjadi warga DKI Jakarta, yang tinggal sementara diberikan SKDS, kalau tidak kita akan lakukan ciduk 14 hari setelah H+7 Lebaran," tegas Syamsudin.
(KRI)


Video /