Usai Lebaran, ESDM Fokus Percepatan Serapan Anggaran

Annisa ayu artanti    •    24 Juli 2015 17:59 WIB
kementerian esdm
Usai Lebaran, ESDM Fokus Percepatan Serapan Anggaran
Ilustrasi. FOTO: Antara/Hafidz

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) akan kembali fokus pada percepatan serapan anggaran usai bulan Ramadan yang dirasa kurang maksimal.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, selama liburan, Kementerian ESDM memang tidak maksimal dalam hal penyerapan anggaran, bahkan sedikit melambat lantaran banyak hari libur di bulan Ramadan.

"Beberapa update sesudah Lebaran, fokus yang akan dilakukan adalah me-review kembali percepatan serapan anggaran, karena selama puasa kemarin agak melambat karena libur," kata Sudirman, saat konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Sampai saat ini, Sudirman menyebutkan sudah ada 83 persen paket barang dan jasa yang sudah dilelangkan dan 50 persen paketnya sudah diputuskan. Rencananya, serapan tersebut akan tercapai dalam waktu satu minggu ke depan.

"83 persen paket sudah dilelangkan, mungkin 50 persen sudah diputuskan. Minggu-minggu ke depan akan ada serapan yang cukup baik," ujar dia.

Lebih lanjut, dia juga menyadari persiapan barang dan jasa ini memerlukan waktu yang tidak cepat oleh karena itu, Ia mengimbau untuk fokus kembali agar Agustus serapan-serapan tersebut dapat segera diselesaikan.

"Saya menyadari serapannya belum cukup besar karena persiapan lelang memakan waktu. Agustus ke depan, serapannya akan signifikan," tutur dia.

Sejak Juni, mantan Direktur Pindad ini mengatakan telah membentuk tim khusus untuk pengembangan infrastruktur yang berdasarkan data kementerian mengalami kemajuan. Sebelumnya di Juni sebesar empat persen, kemudian merangkak naik menjadi 12 persen.

"Kita membentuk tim khusus untuk infrasturktur. Sekarang sudah 12 persen, Mungkin akhir bulan 13 persen. Agustus lompatannya cukup baik, mudah-mudahan di atas 20 persen," pungkas dia.


(AHL)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

11 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /