Menkopolhukam: Forkompida Papua Siap Selesaikan Masalah Tolikara

Mufti Sholih    •    25 Juli 2015 11:14 WIB
penyerangan
Menkopolhukam: Forkompida Papua Siap Selesaikan Masalah Tolikara
Menteri Tedjo dan Menteri Tjahjo (MTVN/Surya)

Metrotvnews.com, Papua: Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Tedjo Edhi Purdijatno mengatakan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Papua menyatakan mampu menyelesaikan masalah di Karubaga, Provinsi Papua.

"Pada pertemuan itu, semua pihak di Papua menyatakan diri mampu selesaikan persoalan Tolikara," kata Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno, seperti dilansir Antara, Sabtu (25/7/2015).

Pernyataan itu, kata Menkopolhukam, terungkap saat ia bersama stafnya menemui jajaran Forkompimda Papua, Jumat kemarin. "Pihak muslim dan nasrani pada pertemuan itu meminta agar mereka yang menyelesaikan persoalan di Tolikara. Kata mereka, biarkan kami yang mengurus, karena baik pihak muslim dan nasrani di Papua tidak ada persoalan, itu kata tokoh agama Papua pada pertemuan itu, salah satunya dari tokoh NU, Toni Wanggai," kata Tedjo.

Tedjo mengatakan inti pertemuan itu membahas bagaimana masalah itu tidak meluas dan berimbas ke daerah lainnya di Indonesia. Salah satunya dengan sesegera mungkin menangani masalah di Tolikara. Mengenai adanya ancaman kepada mahasiswa dan warga Papua di berbagai daerah akibat imbas dari persoalan Tolikara, Menkopolhukam mengimbau masyarakat luas lebih bijak menanggapi persoalan.

"Tentunya aparat keamanan di daerah akan memberikan perlindungan. Masalah Tolikara sedang ditangani dengan bijak. Dan secara umum Tolikara sudah kondusif, saya dapat laporan Jumat siang di Karubaga umat muslim sudah bisa salat Jumat," katanya.


(TII)


Video /