OJK Dorong Pembentukan Agensi Rating UMKM

Arif Wicaksono    •    25 Juli 2015 13:11 WIB
umkm
OJK Dorong Pembentukan Agensi <i>Rating</i> UMKM
ilustrasi OJK, Ant,Fanny

Metrotvnews.com, Jakarta: OJK akan membentuk agensi rating bagi sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pembentukan rating ini sebagai salah satu usaha untuk mengurangi informasi yang tidak penting terkait dengan pendanaan UMKM.

Mengutip siaran pers yang dikeluarkan OJK, Sabtu (25/7/2015), rating ini penting untuk menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan meningkatkan persaingan pembiayaan UMKM.

Adapun tujuan dari pemberlakukan rating ini adalah memberikan common language yang berujung pada keseragaman pola kredit yang ditawarkan pada UMKM, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pembiayaan pada sektor UMKM.

“Dengan manfaat yang akan didapatkan adalah memberikan masukan kepada UMKM mengenai kelemahan dan kekuranganya serta  sebagai pelengkap internal rating yang telah dilakukan bank,” kata OJK dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

OJK telah berkoordinasi intensif dengan Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) dan Bank Indonesia (BI) yang menghasilkan kajian awal mengenai urgensi pembentukan lembaga rating UMKM serta langkah-langkah konkrit pembentukan lembaga rating UMKM tersebut.

Ketua OJK Muliaman Hadad telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Koperasi dan UKM, serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

OJK juga akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Ikatan Notaris Indonesia mengenai pengesahan badan hukum LKM, Lembaga/kementerian yang memiliki program/kelompok binaan antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan (KUB), Asosiasi BMT Indonesia.

 Kementerian Pertanian akan melakukan pilot project atas pengukuhan Gabungan Kelompok Tani Simpan Pinjam menjadi Koperasi LKM Agribisnis pada Agustus 2015 di Provinsi Lampung.

OJK juga akan berkoordinasi dengan Asippindo untuk melakukan FGD terkait lembaga rating UMKM dengan akademisi serta stakeholders, Pemda dan kementerian terkait di akhir 2015 dan melakukan pembentukan Rating Agency UMKM di 2016.

 


(SAW)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /