Jumlah Pemudik Kembali ke Jakarta Belum Sebanding dengan Keberangkatan

Damar Iradat    •    25 Juli 2015 16:26 WIB
ramadan 2015
Jumlah Pemudik Kembali ke Jakarta Belum Sebanding dengan Keberangkatan
Suasana Stasiun Pasar Senen/Metrotvnews.com/Meilikhah

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api dari yang berangkat belum sebanding degan yang kembali ke Jakarta. Masih ada perbedaan jelas antara jumlah pemudik yang berangkat dan datang.

Humas DAOP I Jakarta Bambang S Prayitno mengatakan, belum seluruhnya pemudik dari Jakarta kembali. Ini terlihat jelas dari data yang dimiliki PT KAI.

"Diprediksikan arus penumpang menuju ke timur (mudik), akan terus berkurang dan berganti dengan arus kedatangan (balik) dengan prediksi perhari jika okupansi 100 persen dengan volume kurang lebih 36.772 penumpang sesuai dengan ketersedian seat kapasitas angkut dari 54 Perjalanan kereta api reguler, 12 kereta api tambahan dan 5 kereta fakultatif," kata Bambang, Sabtu (25/7/2015), di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

"Jika dianalisa, jumlah penumpang yang berangkat masih belum sebanding dengan yang kembali ke Jakarta," lanjut dia.

Contohnya, menurut Bambang, pada masa pra lebaran jumlah penumpang yang mudik sejumlah 453.857 penumpang, tetapi jumlah kedatangan sampai dengan H2+6 (Jumat, 24/7/2015) baru tercapai 219.006 penumpang.

Terkait dengan hal itu, maka PT KAI melakukan perpanjangan masa operasi pada beberapa kereta api tambahan sesuai dengan kebutuhan. Kereta-kereta tambahan yang seharusnya beroperasi dari H-7 10 Julisampai dengan H2+8 26 Juli, akan diperpanjang.

Seperti KA Argodwipangga fakultatif relasi Gambir-Solo Balapan diperpanjang sampai dengan tanggal 31 Juli 2015, KA Gajayana Lebaran relasi Gambir-Malang beroperasi sampai 31 Juli.

Selain itu, KA Sembrani Lebaran relasi Gambir-Surabaya Pasarturi diperpanjang sampai dengan 31 Juli, KA Taksaka Malam Lebaran relasi Gambir-Yogyakarta sampai dengan 27 Juli, KA Purwojaya Lebaran relasi Gambir-Cilacap sampai dengan 28 Juli.

Lalu, KA Kutojaya Utara Lebaran relasi pasarsenen-Kutoarjo sampai dengan 29 Juli, KA Kertajaya Lebaran relasi Pasar Senen-Surabaya Pasarturi sampai dengan 31 Juli. Dan KA Kutojaya utara tambahan sampai dengan 29 Juli.


(OJE)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /