Cegah Calon Tunggal dalam Pilkada, Mendagri Minta Parpol Usung Kader Terbaik

Erandhi Hutomo Saputra    •    25 Juli 2015 19:06 WIB
pilkada serentak
Cegah Calon Tunggal dalam Pilkada, Mendagri Minta Parpol Usung Kader Terbaik
Mendagri Tjahjo Kumolo (kedua kiri) bersama Menkumham Yasonna Laoly (kedua kanan), Ketua KPU Husni Kamil Manik (kiri) dan Anggota Bawaslu Nasrullah (kanan). Foto: Antara/Widodo S.

Metrotvnews.com, Bangkalan: Pilkada serentak terancam diundur karena beberapa daerah memiliki calon petahana yang begitu kuat untuk berlaga dalam pilkada. Untuk menghindari hal tersebut, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berharap partai politik dapat mengusung kader mereka untuk bertarung dalam pilkada serentak.

"Iya (kami dorong untuk mengusulkan calon lain), kalau tidak ya kita ikuti UU (mundur jadi 2017)," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo usai menghadiri Musyawarah Besar Masyarakat Madura se-Indonesia ke-4, di Kabupaten Bangkalan, Madura, Sabtu (25/7/2015).

Tjahjo tak menampik potensi munculnya calon-calon kepala daerah untuk sekedar melengkapi persyaratan pilkada harus diikuti dua calon pasangan.  Hanya saja, sulit untuk mengukur calon kepala daerah yang menantang petahana itu adalah calon boneka.

"Kalau calon-calon boneka ini sulit, boneka ini yang bagaimana persepsinya kan beda-beda yang penting itu, minimal dua calon, karena kalau satu calon tidak bisa," jelas dia.

Kemendagri tak bisa berbuat apa-apa jika ada upaya menggerakkan calon boneka untuk memenangkan calon petahana. Namun, Kemendagri optimis kepala daerah tak akan menggunakan siasat tersebut.

Oleh karena itu, partai politik yang tidak mengusung calon petahana memiliki peranan penting mencari kader terbaik mereka untuk bertarung dalam pilkada serentak. Hal ini, kata Tjahjo, agar pilkada serentak dapat berjalan secara demokratis.

"Kalau sampai parpol yang dia sah punya kursi DPRD, terus tidak punya calon itu yang harusnya jadi pertanyaan masyarakat, ada apa," pungkas mantan Sekjen PDI Perjuangan itu.


(DRI)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /