Bukan Hanya Surabaya, 4 Pilkada di Jatim Terancam Ditunda

Amaluddin    •    26 Juli 2015 19:23 WIB
pilkada
Bukan Hanya Surabaya, 4 Pilkada di Jatim Terancam Ditunda
Ilustrasi pilkada, Ant

Metrotvnews.com, Surabaya: Selain kota Surabaya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo memprediksi empat pemilihan kepala daerah (pilkada) di Jawa Timur juga berpotensi ditunda. Pakde menduga, demikian ia biasa disapa, masalah lima daerah itu yaitu hanya punya satu pasangan calon untuk mengikuti pilkada serentak pada Desember 2015 mendatang.

"Saya melihat di Kota Blitar, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo, dan Kota Pasuruan juga berpotensi sama seperti Surabaya yang sepertinya tidak ada yang berani maju melawan incumbent," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, Sabtu (25/7/2015).

Menurut Pakde Karwo, terkait perihal tersebut belum ada solusinya. Pihaknya mengaku juga belum tahu apa dan bagaimana kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kedepannya jika ini sampai terjadi.

"Yang jelas melanggar Undang-Undang (UU) jika Pilkada hanya diundur beberapa hari saja. Karena jika mengacu pada UU KPU, Pilkada harus ditunda hingga 2017," jelasnya.

Di Surabaya, masa pendaftaran pasangan calon pilwali dibuka pada 26 Juli hingga 28 Juli 2015. Jika yang mendaftar hanya satu pasangan calon, masih diperpanjang kembali selama tiga hari ke depan atau hingga 1 Agustus 2015. Jika tidak ada yang mendaftar lebih dari satu pasangan calon hingga batas waktu tersebut, maka kemungkinan besar akan ditunda hingga tahun 2017.


(RRN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /