Tradisi Syawalan, Keturunan Paku Alam Berziarah ke Makam Leluhur

Ahmad Mustaqim    •    26 Juli 2015 19:28 WIB
lebaran 2015
Tradisi Syawalan, Keturunan Paku Alam Berziarah ke Makam Leluhur
Keturunan Paku Alam menggelar syawalan dengan berziarah ke makam leluhur di Yogyakarta, Metrotvnews.com/ Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Keturunan Paku Alam (PA) yang tinggal di Singapura dan Malaysia melakukan tradisi Syawalan di Yogyakarta, Minggu (26/5/2015). Acara sywalan tersebut dilakukan dengan melakukan ziarah ke makam leluhur.

Mereka yang melakukan syawalan dengan ziarah yakni KRT Satyohadiningrat sebagai Ketua HKPA di Malaysia dan KRT Kusumonagoro sebagai Ketua Majelis Adat dan Budaya Pakualaman di Singapura. Mereka juga didampingi Bunda Permaisuri KGRAy Paku Alam IX Al Haj, KPH Wiroyudho, KRT Pringgohusodo (Ketua HKPA Kedu), KRTH Widjajadiningrat (Kepala Bebadan Museum Puro Pakualaman), KRAT Purwadi Sasradiningrat, dan KRMH Setyadji Pantjawidjaja Sastraningrat

Manggalayudha Puro Pakualaman, KPH Wiroyudho, mengatakan syawalan dengan ziarah tersebut kerap dilakukan usai lebaran. Rombongan yang terdiri sekitar 30 orang itu melakukan ziarah di makam Paku Alam I hingga Paku Alam IV di makam Kotagede, Yogyakarta.

"Kami juga melakukan ziarah ke makam Panembahan Senopati dan Ki Ageng Mangir sebagai leluhur Puro Pakualaman dan Kraton Yogyakarta," katanya sebelum melakukan ziaran.

Usai melakukan ziarah di Makam Kotagede sekitar satu jam, mereka kemudian berpindah ke makan Paku Alam V hingga Paku Alam VIII di Girigondo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

"Sebagai keturunan kami ingin berdoa dan mendekatkan diri kepada leluhur. Meminta doa para leluhur untuk kegiatan kami kedepannya," ungkapnya.


(RRN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /