Ketatnya Seleksi Tahap Tiga Capim KPK

Achmad Zulfikar Fazli    •    27 Juli 2015 08:42 WIB
capim kpk
Ketatnya Seleksi Tahap Tiga Capim KPK

Metrotvnews.com, Jakarta: Seleksi Calon Pimpinan KPK (Capim KPK) tahap ketiga pada 27-28 Juli. Tes awal, Juru Bicara Pansel Capim KPK, Betti S. Alisjahbana, mengatakan para calon pimpinan akan mengikuti tes kepribadian.

"Hari pertama psikotes dan juga ada tes bahasa inggris. Dari situ kami akan mengukur potensi masing-masing kandidat," kata Betti saat dikonfirmasi, Senin (27/7/2015).

Kemudian, Pansel akan mengukur kompetensi dari setiap capim KPK dalam tes berikutnya pada 28 Juli. Test ini akan dilakukan dalam berbagai cara, mulai dari simulasi kepemimpinan, group discussion, wawancara, serta presentasi.

"Yang kami ukur adalah kompetensi, baik itu kompetensi manajerial maupun kompetensi inti yang dibutuhkan untuk bisa memimpin KPK lebih baik," jelas dia.

Saat sesi wawancara, kata Betti, Pansel akan membentuknya dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok akan diisi pakar dari berbagai disiplin ilmu. Seperti, psikolog, pakar SDM dan manajemen, dan pakar hukum. "Jadi ada banyak yang terlibat," ucap dia.

Terkait seleksi tahap ketiga ini, Betti mengatakan Pansel tidak memiliki target jumlah peserta yang harus lolos. Menurut dia, kelolosan para capim ditentukan  kemampuan mereka dalam menghadapi rangkaian tes di tahap ketiga ini.

"Kami lihat yang memenuhi persyaratan saja. Baik persyaratan potensi dan kompetensi maupun rekam jejaknya," kata dia.

Jika lolos dalam rangkaian seleksi tahap ketiga ini, para peserta Capim akan lanjut ke tahap selanjutnya sebelum dikerucutkan menjadi delapan nama untuk diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Mereka yang lolos tahap ini, akan ikut tes kesehatan dan kemudian wawancara dengan Pansel," pungkas dia.


(TRK)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /