Pemerintah Diminta Bergerak Dorong Pertumbuhan Kredit

Eko Nordiansyah    •    27 Juli 2015 13:10 WIB
ekonomi indonesia
Pemerintah Diminta Bergerak Dorong Pertumbuhan Kredit
illustrasi ekonomi ANT,Basri Marzuki

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja mengeluarkan kebijakan yang bertujuan menciptakan stumulus bagi pertumbuhan perekonomian nasional dengan menerbitkan dan menyelesaikan sejumlah peraturan di bidang perbankan, pasar modal dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah menuturkan hal ini bisa mendorong penyaluran kredit oleh perbankan. Namun dirinya juga tetap meminta pemerintah turut memberikan dorongan melalui kebijakan strategis.

"Saya kira baik, kebijakannya untuk mendukung keuangan terutama perbankan punya ruang untuk berikan kredit. Kita perlu juga meminta pemerintah ikut bergerak, tidak bisa hanya mengandalkan industri keuangan saja," ujarnya di Kantor OJK Gedung Soemitro, Jakarta Pusat, Senin (27/7/2015).

Dirinya menambahkan, meskipun permintaan domestik pada semester I ini melemah, namun pelemahan yang terjadi tidak hanya dari luar saja tapi juga dari sisi pemerintah yang menurut dia belum bisa bergerak.

"Kalau saja pemerintah di semester II bisa menambah kecepatan untuk pengeluaran anggarannya, saya yakin perbankan akan terbantu dan relaksasi dari beberapa bidang perbankan, relaksasi di bidang makroprudensial untuk industri perumahan dan otomotif saya pikir ini bisa dikembangkan dengan baik, hanya saja ruang enggak sebesar tahun depan," jelas dia.

Halim juga tetap meyakini jika penyerapan anggaran bisa dilakukan dengan cepat, maka pertumbuhan ekonomi juga akan mampu dipercepat lagi. Untuk itu, dirinya meyakini jika tahun depan akan lebih baik.

"Kita mencoba melihat bagaimana dampak kedepan, yang lebih penting adalah dari sisi anggarannya dulu, kalau tahun ini anggarannya bisa memacu pertumbuhan ekonomi lebih cepat, tahun depan akan lebih baik," pungkasnya.




(SAW)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 week Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /