Aktivis Antikorupsi Desak Kejati DIY Segera Tuntaskan Kasus Korupsi Persiba

Ahmad Mustaqim    •    27 Juli 2015 13:17 WIB
liga indonesia
Aktivis Antikorupsi Desak Kejati DIY Segera Tuntaskan Kasus Korupsi Persiba
Aktivis Satunama, Valentina Sriwijayanti (kanan) menyerahkan salinan pakta integritas yang ditandatangani mantan Bupati Bantul, Indham Samawi kpeada pejabat Kejati DIY (Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Para aktivis yang tergabung dalam Gerakan Anti Korupsi Yogyakarta (GAKY) mendesak Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY segera menuntaskan kasus korupsi dana hibah klub sepak bola Persiba Bantul.

Para aktivis gabungan dari LBH Yogyakarta, Indonesia Court Monitoring (ICM) Yogyakarta, Forum LSM DIY, Walhi Yogyakarta, Satunama, Forum Peduli Bantul, Masyarakat Transparansi Bantul, dan Sarang Lidi, mendatangi Kantor Kejati DIY, Senin (27/7/2015).

Kedatangan para aktivis antikorupsi tersebut menyerahkan dokumen pantauan sidang kasus korupsi Persiba atas nama tersangka Maryani dan Dahono. Selain itu, mereka juga menyerahkan berkas kesaksian dari Bupati Bantul yang juga mencalonkan diri dalam pilkada serentak, Sri Suryawidati serta kesaksian mantan Bupati Bantul, Idham Samawi yang juga pengurus pusat PDIP, baik bentuk file maupun bendelan kliping dari media.

"Kami berharap Kejati DIY segera dan berkomitmen untuk menuntaskan kasus Persiba," kata Direktur ICM Yogyakarta, Tri Wahyu KH saat di Kejati DIY.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati DIY, Zulkardiman mengatakan akan segera memberikan berkas itu kepada kepala Kejati DIY. "Nanti menunggu kebijakan yang akan diambil oleh pimpinan," ujarnya.

Sejak kasus yang merugikan negara sekitar Rp 12,5 miliar ini bergulir pada 2011 silam, Kejati DIY baru melimpahkan dua tersangka ke pengadilan, yakni Maryani dan Dahono. Sementara itu, dua tersangka lain, Idham Samawi dan Edy Bowo Nurcahyo (Kepala Kantor Dikpora Bantul waktu itu) belum dilimpahkan ke pengadilan.

"Dua tersangka lain, penyidik masih melakukan penyidikan untuk mencari alat bukti yang cukup," kata dia menambahkan.


(ACF)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /