Diretas Hacker, Fiat Chrysler Tarik 1,4 Juta Unit Mobil

Riandanu Madi Utomo    •    27 Juli 2015 14:57 WIB
security
Diretas Hacker, Fiat Chrysler Tarik 1,4 Juta Unit Mobil
Fiat Chrysler tarik 1,4 juta unit mobil untuk di-upgrade sistem komputernya (foto: BBC)

Metrotvnews.com: Beberapa waktu yang lalu, dua peneliti sistem keamanan komputer, Charlie Miller dan Chris Valasek berhasil menemukan celah pada sistem komputer bernama Uconnect yang terdapat pada beberapa mobil besutan Chrysler. Dengan bermodalkan celah kemanan pada sistem komputer tersebut, keduanya menemukan bahwa hacker dapat dengan leluasa menyusup ke dalam sistem komputer mobil dan mengendalikannya dari jarak jauh.

Menanggapi masalah yang cukup serius tersebut, pihak Fiat Chrysler pun langsung menarik 1,4 juta mobil yang diduga memiliki celah keamanan tersebut.

Tindakan tersebut langsung diambil Fiat Chrysler setelah Miller dan Valasek medemonstrasikan proses peretasannya kepada salah satu penulis di majalah Wired untuk dipublikasikan. Pihak Fiat Chrysler mengatakan, pihaknya akan meng-upgrade sistem komputer mobil tersebut dengan versi terbaru, agar konsumennya aman dari serangan hacker. Fiat Chrysler juga mengatakan, mereka tak mendukung segala tindakan peretasan terhadap mobil-mobilnya.

Celah keamanan pada beberapa tipe mobil besutan Fiat Chrysler tersebut terdapat pada Uconnect, sistem komputer yang mengatur perangkat multimedia di dalam mobil. Meskipun proses peretasannya memerlukan pengetahuan luas menganai hacking dan melibatkan pembuatan software khusus, Miller dan Vasalek berhasil membuktikan bahwa mobil Fiat Chrysler dapat diretas. Hal tersebut tentunya akan sangat berbahaya bagi pengendara dan penumpang mobil tersebut. (BBC)


(ABE)

Video /