Staf Kedubes Tiongkok Tewas dalam Ledakan di Somalia

Willy Haryono    •    27 Juli 2015 17:19 WIB
konflik somalia
Staf Kedubes Tiongkok Tewas dalam Ledakan di Somalia
Warga berdiri di dekat mobil yang hancur di lokasi ledakan bom di area hotel Jazeera Palace, Somalia, Minggu (26/7/2015). (Foto: AFP / ABDULFITAH HASHI NOR)

Metrotvnews.com, Mogadishu: Seorang warga negara Tiongkok tewas dan tiga lainnya terluka dalam ledakan bom di sebuah hotel di Mogadishu, Somalia, Minggu (26/7/2015). 

Menurut pernyataan Kedubes Tiongkok di Somalia, salah satu penjaga bersenjata mereka tewas akibat luka parah, sedangkan tiga staf lainnya hanya mengalami luka ringan. 

Polisi Mogadishu Abdulle Mohamed mengatakan kepada Xinhua pelaku meledakkan mobilnya sendiri di gerbang hotel Jazeera Palace dan menewaskan 15 orang. Sebagian besar korban tewas adalah warga sipil. 

Dalam pernyataan yang dikutip sejumlah situs ekstremis, kelompok militan Shebab mengonfirmasi menyerang hotel Jazeera Palace, yang juga merupakan lokasi berdirinya gedung misi diplomatik Tiongkok, Qatar dan Uni Emirat Arab. 

"Kami melihat ada sekitar enam orang yang tewas, sebagian besar dari mereka penjaga hotel," ucap seorang pejabat keamanan pemerintah, Mohamed Jama, yang khawatir jumlah korban tewas dapat bertambah. 

Shebab menegaskan serangan bunuh diri ini merupakan "balasan atas pembunuhan puluhan warga tak berdosa" yang tewas dalam serangan pasukan Ethiopia terhadap markas Shebab di selatan Somalia. 

Jazeera Palace berlokasi dekat bandara internasional Somalia, yang juga merupakan lokasi kantor cabang PBB, misi diplomatik beberapa negara Barat dan AMISOM -- pasukan Uni Afrika di Somalia. 

Hotel ini telah menjadi target Shebab di masa lalu, termasuk pada 2012 saat pelaku bom bunuh diri masuk ke area hotel saat Presiden Hassan Sheikh Mohamud berada di dalamnya. 



(WIL)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

10 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /