Setelah Lebaran, Harga Sayur Turun 30 Persen dan Sembako Stabil

Kuntoro Tayubi    •    27 Juli 2015 17:34 WIB
sembako
Setelah Lebaran, Harga Sayur Turun 30 Persen dan Sembako Stabil
Suasana di Pasar Pagi di Tegal, Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Lebaran sudah lewat 10 hari. Harga beberapa bahan makanan pokok dan bumbu dapur di Tegal, Jawa Tengah, masih stabil. Namun, harga sayuran turun hingga 40 persen.  

Pada Senin 27 Juli, komoditas bahan makanan yang masih stabil di Pasar Pagi Tegal, antara lain beras, minyak sayur, gula pasir, telur, dan rempah-rempah.

Pedagang grosir bahan makanan pokok Pasar Pagi Tegal masih mematok harga beras jenis C4 dikisaran Rp9000 hingga Rp10.500 per kg. Sedangkan Minyak sayur Rp17 ribu per kg, gula pasir Rp12 ribu per kg, dan Telur Rp19 ribu per kg. Begitupun harga rempah-rempah seperti kemiri Rp23 ribu per kg, merica Rp24 ribu per kg, dan bawang putih Rp18 ribu.

“Pasokan sembako saat ini masih belum normal, jadi banyak stok yang kosong. Meski stok sedikit namun pembeli masih sepi, jadi tidak berpengaruh pada harga,” kata Agus, pedagang sembako di Pasar Pagi, Tegal.

Sementara itu, harga cabai dan bawang merah yang sempat meroket saat lebaran kini turun hingga Rp30 ribu per kg. Harga cabai rawit merah dari Rp70 menjadi Rp40 ribu per kg, cabai keriting dari Rp50 ribu menjadi Rp25 ribu per kg, cabai merah dari Rp40 ribu menjadi Rp20 ribu per kg, dan cabai rawit dari Rp60 ribu menjadi Rp40 ribu per kg.

 "Harga bawang merah juga turun dari Rp40 ribu menjadi 23 ribu per kg,” kata Minah, pedagang cabai dan bawang merah.

 Turunnya cabai dan bawang merah juga disebabkan karena sepinya pembeli. Kemungkinan harga akan kembali normal pada pekan depan.
 


(RRN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

3 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /