OC Kaligis Resmi Ajukan Gugatan Praperadilan Terhadap KPK

Deny Irwanto    •    27 Juli 2015 17:39 WIB
kpk tangkap hakim ptun
OC Kaligis Resmi Ajukan Gugatan Praperadilan Terhadap KPK
Jonhson Panjaitan (tengah) dan tim kuasa hukum OC Kaligis. Foto: MTVN.com/Deny Irwanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim kuasa hukum Otto Cornelis Kaligis (OC Kaligis) resmi mengajukan gugatan praperadilan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sore ini. Tim kuasa hukum Kaligis datang sekitar pukul 15.10 WIB diwakili oleh Jonshon Panjaitan, Afrian Bondjol dan beberapa orang lainnya.

"Isi permohonan pertama tentu menyangkut soal status dan kedudukan Pak OC, lebih soal prosedur pelanggaran HAM, KUHAP dan pelanggaran Undang-undang korupsi," ujar Jonshon di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (27/7/2015).

Pertama, soal status. Menurut Jonshon, awalnya OC Kaligis dipanggil sebagai saksi. Tapi ternyata setelah itu terjadi proses perampasan kemerdekaan. Kaligis digelandang dari Hotel Borobudur Jakarta Pusat. 

"Pertanyaannya, kenapa tiba-tiba ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka? Itulah yang akan kita uji di persidangan," ujar Jonshon.

Selanjutnya, kata Jonshon, menyangkut penangkapan Kaligis yang dilakukan KPK. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Kaligis langsung ditahan, dan handphone advokat senior itu juga disita.

Selanjutnya, kuasa hukum Kaligis juga mempermaslahkan adanya isolasi yang meyebabkan hak-hak dasar Kaligis yang seharusnya dapat bantuan hukum, bertemu keluarga dan advokat tidak bisa dilaksanakan.

"Karena itu kita minta hakim PN Jaksel menetapkan prosedur penetapan tersangka sebuah kesalahan. Kalau itu salah, penangkapan dan penahanan juga salah," bebernya.

Praperadilan Kaligis terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor register 72/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel.

Kaligis resmi menjadi tersangka kasus dugaan suap hakim PTUN Medan dan ditahan di Rumah Tahanan Guntur untuk 20 hari ke depan. OC Kaligis diduga melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a dan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2010 jo Pasal 64 ayat 1 jo Pasal 55 ayat 1 KUHPIdana.


(DOR)

Real Madrid Memboyong 20 Pemain saat Menyambangi APOEL
Jelang APOEL vs Real Madrid

Real Madrid Memboyong 20 Pemain saat Menyambangi APOEL

1 hour Ago

Real Madrid akan berhadapan dengan APOEL pada penyisihan Grup H Liga Champions 2017 -- 2018, 22…

BERITA LAINNYA
Video /