Ditegur Ahok, Panitia JakBook & Edu Fair 2015 Janji Berbenah

Damar Iradat    •    27 Juli 2015 22:42 WIB
ahok
Ditegur Ahok, Panitia JakBook & Edu Fair 2015 Janji Berbenah
Ilustrasi: Pengunjung memilih buku di pameran buku -- Antara/Abdul Malik

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama geram dengan kenyataan harga barang-barang di JakBook & Edu Fair 2015 lebih mahal dari harga pasaran. Dia bahkan mengimbau agar warga tidak lagi belanja kebutuhan sekolah di pameran yang diselenggarakan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) itu.

Ketua Panitia JakBook & Edu Fair 2015 Tatang T Sundesyah mengaku kecolongan dari peserta pameran yang menjual harga lebih mahal dari toko-toko biasa. Padahal seharusnya, harga di pameran bisa jauh lebih murah.

"Sejak awal, semua peserta itu ada surat pernyataan dari mereka bahwa harga yang dijual di sini harus harga yang lebih murah dari harga pasar," kata Tatang di sela-sela grand opening JakBook & Edu Fair 2015 di Plaza Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/7/2015).

"Jadi, kami memegang itu dan tadi apa yang menjadi keluhan masyarakat itu kami sudah periksa, ada beberapa peserta yang malah jauh lebih murah dari harga pasar. Tapi, untuk mereka yang nakal kami akan periksa dan minta pertanggungjawaban atas persoalan ini sesuai dengan surat pernyataan yang mereka buat," papar dia.

Menurut Tatang, tidak semua pedagang menjual harga mahal. Karena, penjual sepatu, tas, dan akat tulis dinilai cukup banyak. "Nah, itu yang akan kami periksa. Karena ada juga satu dua yang kami periksa tidak masalah," bebernya.

Ditegur Ahok, Tatang pun akan berbenah. Kalaupun memang ada pedagang-pedagang nakal, pihaknya tegas akan menindak. "Sanksinya akan kami bicarakan bersama para peserta. Apakah mereka cukup sampai di sini atau bagaimana itu bisa saja berkembang sesuai pembicaraan," kata dia.

"(Pedagang) yang nakal tidak bisa kami akomodir. Kami sebagai penyelenggara ini kepada IKAPI sudah sangat mengontrol sejak awal pada yang lainnya," pungkas dia.

Seperti yang telah diberitakan, pada acara grand opening JakBook Fair 2015, Ahok memberikan 'sambutan' yang tidak biasa. Mantan Bupati Belitung Timur itu geram dengan kondisi harga yang lebih mahal dari toko biasa.

"Mohon maaf buat pameran ini, tapi saya imbau kepada warga agar jangan kesini lagi untuk belanja. Saya mau sampaikan kebenaran ini. Bapak ibu bisa beli barang-barang yang ada di sini di toko lain. Silahkan beli barang di luar, asal KJP-nya bisa didebit di toko-toko yang ada logo prima dan visa," ketus Ahok.

"Untuk pihak-pihak yang mau kerja sama dengan Pemprov DKI, tolong, kalau mau kerja sama dengan DKI, jangan zolimi orang kecil. Kalau saya mampu bantu orang miskin, saya tidak mau berpolitik," lanjutnya.


(SUR)

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

Timnas Indonesia U-16 Siap Lawan Laos di Laga ke-4 Grup G

3 hours Ago

Timnas U-16 hanya membutuhkan hasil seri di laga terakhir penyisihan Grup G saat menghadapi Lao…

BERITA LAINNYA
Video /