Lalu Lintas

Menyeberang Sembarangan Ternyata bisa Bikin Macet!

M. Bagus Rachmanto    •    29 Juli 2015 10:45 WIB
lalu lintas
Menyeberang Sembarangan Ternyata bisa Bikin Macet!
Selain membahayakan menyeberang sembarangan juga bikin macet. Dok MTVN

Metrotvnews.com, Bekasi: Kemacetan yang terjadi di jalan raya bukan hanya disebabkan oleh kendaraan bermotor saja. Ternyata penyebab lainnya adalah pejalan kaki yang menyeberang tidak pada tempatnya.
 
Seperti yang terjadi di beberapa persimpangan jalan yang biasanya terdapat store market besar atau pusar jajalan. Meskipun telah disediakan jembatan penyeberangan orang (JPO), tapi masih banyak pejalan kaki yang nekat menyeberang melintas di jalan raya.
 
Pihak berwajib pun seakan tak kuasa untuk melakukan proses penertiban untuk kondisi ini. Di beberapa kota besar di Indonesia pun melakukan ragam rekayasa, agar pejalan kaki mau memanfaatkan sarana penyeberangan.
 
“Penutupan dengan pagar ini dinilai sangat efektif, dengan cara ini sebagian orang sudah mulai paham, meskipun tetap masih ada yang berusaha nekat menyeberang, namun telah kami berikan himbauan. Pemagaran kami lakukan pada  pukul 16.30-19.00 WIB, selebihnya disesuaikan dengan situasi dan kondisi arus lalu lintas,” terang AKP Bayu Pratama Kasat Lantas Polresta Bekasi Kota.
 
Tentunya untuk dapat menciptakan ketertiban, keamanan serta kenyamanan di jalan, tidak hanya tugas kepolisian semata, tetapi diperlukan dukungan dari semua pihak seperti Dinas Perhubungan dan Satpol PP, serta instansi terkait lainnya. Selain itu, kesadaran diri untuk terbiasa taat pada aturan, itu yang terpenting.
 
“Penyeberang jalan diimbau agar selalu mematuhi rambu dan tidak melanggar peraturan, dan yang lebih penting lagi adalah kesadaran masyarakat itu sendiri, untuk menciptakan kenyamanan bersama,” tutup Bayu.


(UDA)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

11 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /