Kunjungan Kenegaraan ke Singapura, Jokowi Ogah Jualan SDA

Desi Angriani    •    28 Juli 2015 10:06 WIB
jokowi
Kunjungan Kenegaraan ke Singapura, Jokowi Ogah Jualan SDA
Presiden Joko Widodo--Antara/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Singapura untuk memperkuat kerjasama kedua negara. Jokowi mengaku tak akan menawarkan Sumber Daya Alam (SDA) ke Singapura, melainkan akan menawarkan peluang investasi di bidang infrastruktur.

"Menyampaikan kondisi ekonomi kita, peluang-peluang investasi kita yang bisa dimasuki seperti pelabuhan, power plant, jalan tol, terutama infrastruktur. Saya tidak mau jualan Sumber Daya Alam," kata Jokowi di Singapura, Selasa (28/7/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini hanya fokus membahas pengembangan kepulauan Batam, Bintan dan Karimun. "Saya kira saya akan fokus bicara masalah penanganan Batam, Bintan Karimun karena memang bertahun-tahun kita tidak konsentrasi ke sana," ungkap dia.

Selama ini, Jokowi melihat pengembangan tiga pulau tersebut tidak memiliki kemajuan yang signifikan. Ia berharap tercapai kesepakatan yang serius sehingga Pulau Batam menjadi kota selevel Singapura.

"Menurut saya yang terpenting pengembangan di Batam dan sekitarnya harus dilanjutkan. Kita harus punya bargaining yang kuat kalau mau serius ke sana, kalau enggak mau saya kira banyak lainnya yang antre," pungkas dia.

Sekedar diketahui, Pada tahun 2014, total perdagangan Indonesia dengan Singapura mencapai US$ 41,99 miliar atau kedua terbesar setelah RRT. Dalam bidang investasi, Singapura menempati posisi pertama investor terbesar di Indonesia dalam lima tahun terakhir,  dengan total investasi tahun 2014 mencapai  US$ 5,8 miliar di2.056 proyek.


(YDH)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

3 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /