Kemenkes Diminta Desak BPOM Keluarkan Izin Edar Obat Hepatitis Murah

Intan fauzi    •    28 Juli 2015 13:09 WIB
izin edar obat
Kemenkes Diminta Desak BPOM Keluarkan Izin Edar Obat Hepatitis Murah
Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat BPOM Budi Djanu Purwanto bersama Koalisi Obat Murah. (Foto: MTVN/Intan Fauzi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Koalisi Obat Murah (KOM) meminta Kementerian Kesehatan mendesak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin edar obat hepatitis C murah yang masuk dalam program pemerintah.
 
"Kami akan minta Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat ke BPOM supaya bisa fast track," kata Aktivis KOM Sindi Putri kepada Metrotvnews.com usai bertemu dengan BPOM, di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Selasa (28/7/2015).
 
KOM juga menuntut Kemenkes memasukkan obat hepatitis dalam daftar Formularium Nasional agar bisa ditanggung Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
 
Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat BPOM Budi Djanu Purwanto mengatakan, pihaknya dapat mempercepat pengeluaran izin edar sebuah obat jika ada surat dari Kemenkes dan obat tersebut merupakan obat program.
 
"Kami tidak bisa mendeskriminasi, kecuali program pemerintah dan itu ada suratnya. Obat program dari Kementerian Kesehatan pasti dapat prioritas," kata Budi.
 
Terkait tuntutan KOM yang meminta obat hepatitis C dimasukkan dalam daftar Formularium Nasional, Djanu mengaku memiliki komitmen tak ingin asal-asalan menangani izin edar. "Kalau Formularium Nasional itu kan pakai uang negara. Kami tidak ingin negara membeli obat yang manfaatnya tidak lebih baik," jelas Djanu.


(FZN)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /