Dua Kubu di Golkar Sepakat Usung 219 Calon Kepala Daerah

Al Abrar    •    28 Juli 2015 13:24 WIB
golkarpilkada serentak
Dua Kubu di Golkar Sepakat Usung 219 Calon Kepala Daerah
Nurdin Halid (kedua kanan) dan sejumlah fungsionaris Partai Golkar menyimak pembacaan putusan majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jumat 24 Juli 2015. Antara Foto/Nurdin Jafar/wsj/asf/nz/15.

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua kubu di Partai Golkar sepakat mengusung pasangan calon kepala daerah di 219 daerah. Untuk calon pemimpin di 50 daerah kubu Agung Laksono dan Aburizal Bakrie masih berbeda pendapat.

"Kami sudah berhasil menyelesaikan kurang lebih 219. Meski ada perdebatan panjang tapi diskusi sangat cair. Kurang lebih 219 yang berhak mendaftarkan," kata anggota Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah dari kubu Aburizal Bakrie, Nurdin Halid, saat dihubungi, Selasa (28/7/2015).

Menurut Nurdin, pihaknya akan tetap mendaftarkan calon pasangan kepala daerah di 50 daerah meski kubu Agung Laksono masih berbeda pendapat. Nurdin mengatakan, Komisi Pemilihan Umum Daerah akan memutuskan menerima atau tidak pendaftaran calon kepala daerah dari Golkar di 50 daerah.

"50 daerah itu tetap mencalonkan, tapi pencalonannya bukan atas kesepakatan. Kan diverifikasi, KPU yang menentukan," tambahnya.

Konflik internal di Golkar sudah berlangsung sejak akhir 2014. Agung Laksono dan Aburizal Bakrie sama-sama mengklaim sebagai Ketua Umum yang sah. Proses hukum belum menyelesaikan konflik. Kedua kubu memutuskan islah, namun hanya untuk kepentingan pilkada serentak.

KPU membuka pendaftaran pasangan calon kepala daerah sejak Minggu 26 Juli hingga Selasa 28 Juli pukul 16.00 WIB. "Pendaftaran selama tiga hari, mulai pukul 08.00 sampai 16.00," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay.

Kata Hadar, calon gubernur, wali kota, atau bupati dari partai politik maupun independen dapat langsung mendaftarkan diri ke KPU di wilayahnya masing-masing.


(TRK)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /