Polemik Calon Tunggal

Komisi II akan Evaluasi Tahapan Pendaftaran Pilkada

Anggitondi Martaon    •    28 Juli 2015 14:18 WIB
pilkada serentakdpr ads
Komisi II akan Evaluasi Tahapan Pendaftaran Pilkada
Ketua Komisi II Rambe Kamarulzaman---MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjelang ditutupnya pendaftaran calon yang akan maju dalam pilkada serentak pada Desember 2015 nanti, pelaksanaan pilkada di beberapa daerah terancam diundur. Sebab, hanya ada calon tunggal.

Kondisi ini membuat Komisi II DPR RI berencana mengevaluasi tahapan pelaksanaan pilkada. Komisi II pun akan memanggil komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintah.

"Besok, saya akan laporkan hal ini kepada Pimpinan DPR. Sebab, untuk memanggil KPU dan pemerintah di masa reses harus ada izin dari Pimpinan DPR. Setelah itu, Kami (Komisi II-red) berencana melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pendaftaran pilkada ini,” kata Ketua Komisi II Rambe Kamarulzaman saat dihubungi, Selasa (28/7/2015).

Rambe meminta, daerah yang memiliki potensi calon tunggal untuk mengikuti peraturan. Yakni memanjangkan masa pendaftaran.

"Memang, daerah yang berpotensi mundur ikut aturan saja dulu. Pendaftaranya, diperpanjangan tiga hari kalau bawaslu mengatakan dikasih waktu 10 hari," ungkapnya.

Dalam Peraturan KPU Nomor 12 tahun 2015, disebutkan jika hanya ada satu pasangan calon sampai batas akhir pendaftaran (28 Juli 2015), waktu pendaftaran akan diperpanjang selama 10 (sepuluh) hari.‎


(TII)


Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?
Final Piala AFF 2018

Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?

15 hours Ago

Media Malaysia menurunkan tulisan tentang tingkah laku wartawan Vietnam selama Final Piala AFF …

BERITA LAINNYA
Video /