Kemenpora-KOI akan Buat MoU Soal Dana Jaminan Asian Games 2018

   •    28 Juli 2015 14:36 WIB
asian games 2018kemenpora ads
Kemenpora-KOI akan Buat MoU Soal Dana Jaminan Asian Games 2018
Defile kontingen Indonesia di pembukaan Asian Games 2014 di Korea Selatan (Foto: ANTARA FOTO/Saptono)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia terus mematangkan persiapannya untuk menggelar multievent olahraga se-Asia, Asian Games 2018. Salah satu yang jadi perhatian serius ialah soal dana.

Sebagai tuan rumah, Indonesia harus menyetorkan dana USD2 juta (Rp26,9 miliar) kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA) sebagai jaminan untuk menyelenggarakan event empat tahunan tersebut.

Untuk mengantisipasi agar dana tersebut cair tepat waktu dan bisa langsung disetorkan ke OCA, Kemenpora dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan membuat nota kesepahaman atau MoU.

"Logikanya begini, pemerintah kan punya uang. Bagaimana uang itu bisa dikeluarkan pemerintah kepada kita, kita itu bisa KOI atau panitia, itu harus jelas dasar hukumnya apa. Nah itulah yang harus tertera dalam MoU," ujar Ketua Komisi "Finance and Budgeting" KOI Ahmed Solihin usai menjalani rapat koordinasi persiapan Asian Games 2018 di Jakarta, Senin kemarin.

Menurut dia, dana tersebut merupakan kewajiban Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games, untuk menjamin bahwa penyelenggaraan acara olahraga berskala internasional itu bisa berjalan lancar.

Nantinya, jika seluruh rangkaian acara Asian Games yang akan berlangsung di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan itu dinilai beres, maka dana jaminan tersebut akan dikembalikan.

Sementara itu, terkait dengan dana lain sejumlah USD15 juta (Rp202 miliar) yang ditawarkan OCA untuk promosi dan pemasaran, Ahmed menyatakan bahwa persyaratan tersebut bersifat "negotiable" atau dapat dinegosiasikan.

"Uang USD15 juta itu kalau kita menyerahkan seluruh urusan promosi dan 'marketing' pada OCA. Kalau kita punya proposal tentang apa yang harus dikerjakan OCA dan apa yang jadi bagian kita, ya dari USD15 juta itu bisa dibagi. Tapi di anggaran kita tetap siapkan sejumlah itu atau totalnya USD17 juta (Rp228,9 miliar)," tuturnya.

Berdasarkan komunikasi intensif antara KOI dengan OCA, Ahmed menyatakan keyakinannya bahwa Indonesia sejauh ini masih dipercaya untuk menjadi penyelenggara Asian Games 2018 meskipun pembayaran dana jaminan yang disyaratkan sudah terlambat dari tenggat waktu yang ditetapkan OCA. (ANT)


(ACF)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /