Alasan Mengapa Menghakimi Orang Itu Kebiasaan yang Buruk

   •    28 Juli 2015 15:32 WIB
keluarga
Alasan Mengapa Menghakimi Orang Itu Kebiasaan yang Buruk
Ilustrasi (Foto: answers.com)

Metrotvnews.com: Anda mungkin sering menilai orang tanpa Anda sadari. Bahkan ada orang yang menyadari hal itu dan ia menyukainya. Mungkin hal ini muncul karena faktor kebiasaan, tapi tetap saja ini bukanlah perbuatan yang baik. 

Apapun alasannya, Anda tidak punya hak untuk menghakimi siapa pun.

Kebanyakan orang tidak menyadari kesalahan mereka sendiri, malah sebaliknya mereka berusaha untuk menemukan dan menunjukkan kesalahan orang lain. Maka dari itu, Anda perlu tahu alasan-alasan berikut, agar tidak semena-mena dalam menilai orang lain.

1. Informasi yang tidak lengkap
Sebelum menilai seseorang, pastikan Anda mengetahui semua fakta tentang orang tersebut. Mungkin Anda tidak mengetahui seluruh cerita dan detailnya. Bahkan mungkin Anda tidak tahu bagaimana masalah dan kekhawatiran mereka. Hal ini sangat penting untuk tidak menilai seseorang sampai Anda tahu semua faktanya. Daripada menghakimi, cobalah untuk membantu mereka menghadapi masalahnya. 

2. Kita semua berbeda
Jika Anda bisa melakukan sesuatu, itu tidak berarti bahwa orang lain juga harus bisa melakukannya. Misalnya, jika seseorang tidak bisa mendapatkan ijazah sarjana, itu tidak berarti bahwa mereka tidak ingin belajar, mungkin mereka tidak bisa membayar untuk pendidikan mereka atau mereka punya minat yang lain. Kita semua berbeda dan kita semua memiliki masalah hidup yang berbeda. Daripada sibuk menilai seseorang, cobalah untuk meningkatkan kehidupan Anda sendiri.

3. Tidak ada orang yang sempurna
Seorang perfeksionis cenderung selalu menilai setiap orang yang mereka temui dalam kehidupan mereka. Mereka tidak mengakui kesalahan mereka sendiri tapi sangat mudah untuk menunjukkan kelemahan orang lain. Sangat penting untuk memahami bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Semua orang pasti membuat kesalahan, entah itu kemarin, sekarang maupun nanti. Sebelum mengkritik tindakan seseorang. Ada harus tahu mungkin saja mereka memiliki beberapa alasan mengapa melakukan hal tersebut.

4. Tempatkan diri Anda di posisi mereka
Sebelum menghakimi seseorang, Anda juga perlu menempatkan diri Anda di posisi mereka. Banyak orang sering menghakimi orang lain, namun membenci kalau orang menilai dirinya. Anda perlu ingat bahwa kata-kata dan tindakan dapat merusak setiap hubungan dalam hitungan menit. Dan Anda mungkin tidak akan pernah mendapatkan kepercayaannya kembali bahkan sulit untuk menjalin hubungan lagi. Jadi, pikirkan matang-matang tentang hal ini sebelum menilai orang lain.

5. Toleransi
Toleransi sangat penting dalam dunia modern. Karena saat ini sudah banyak orang melakukan hal-hal gila yang sulit untuk dibayangkan. Menumbuhkan toleransi setiap hari akan membantu Anda untuk memahami orang lebih baik lagi dan tidak akan dengan mudah menghakimi orang lain. Jangan terpaku pada masalah dan kekurangan orang lain, fokuslah pada masalah Anda sendiri.

6. Penampilan sering menipu
Jangan menilai orang dengan penampilan mereka apalagi sampai mengolok-oloknya. Mungkin mereka tidak bisa membeli pakaian mahal dan menjalani gaya hidup mewah, tetapi mereka dapat melakukan banyak perbuatan baik yang tidak akan sanggup dilakukan oleh orang lain. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita semua berbeda.

Orang kaya cenderung memandang rendah orang miskin, tetapi mereka tidak tahu keseluruhan cerita kisah hidup orang tersebut. Dan Anda juga mungkin tidak tahu bagaimana orang miskin bisa membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

7. Anda mendefinisikan diri Anda sendiri
Ketika Anda menilai orang lain, Anda tidak menegaskan mereka, tapi diri Anda sendiri. Dan itu akan memunculkan citra yang buruk tentang diri Anda. Anda perlu meminta penilaian dari keluarga atau teman tentang apa yang mereka pikirkan tentang Anda, dan jika mereka mengatakan bahwa Anda tipe orang yang sering menghakimi orang lain, maka sudah saatnya bagi Anda untuk introspeksi diri. (Sumarni/ Amerikanki)


(AWP)


Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?
Final Piala AFF 2018

Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?

15 hours Ago

Media Malaysia menurunkan tulisan tentang tingkah laku wartawan Vietnam selama Final Piala AFF …

BERITA LAINNYA
Video /