Makanan yang Harus Dihindari Saat Sembelit

   •    28 Juli 2015 18:09 WIB
kesehatan
Makanan yang Harus Dihindari Saat Sembelit
Ilustrasi (Foto: freepen.gr)

Metrotvnews.com: Sembelit adalah masalah umum yang kerap dihadapi oleh banyak orang. Sembelit dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan jika berlangsung untuk waktu yang lama.

Konsumsi makanan kaya serat (seperti buah-buahan dan sayuran) dapat membantu mencegah sembelit dan juga meningkatkan sebagian besar gerakan untuk menciptakan tekanan saat Anda buang air besar. Makanan tidak hanya bisa mengatasi sembelit tetapi juga bisa menjadi salah satu faktor utama dari sembelit.

Berikut adalah daftar beberapa makanan yang Anda harus hindari saat mengalami sembelit.

- Roti
Gandum dan roti kaya akan fructans dan gluten. Kebanyakan orang tidak bisa mencerna dan menyerap fructan dan gluten dengan benar. Kemudian, bakteri mulai memfermentasi makanan yang tidak tercerna ini dalam usus sehingga menyebabkan Anda kembung, sakit perut, dan sulit buang air besar.

- Daging Merah
Daging merah sebetulnya tidak menyebabkan sembelit tetapi saat Anda makan daging, biasanya Anda cenderung menghindari sayuran yang merupakan sumber serat terbaik. Jadi perlu untuk tidak makan daging saat Anda sembelit

- Kue kering
Kue kering terbuat dari tepung halus yang tak mengandung serat apapun dan akan menyebabkan Anda gampang terkena sembelit. Lagipula, makanan ini juga tidak baik untuk kesehatan usus Anda. Anda masih boleh makan kue asalkan tidak berlebihan dan tidak memakannya setiap hari.

- Pisang hijau mentah
Pisang mentah dapat menyebabkan sembelit, berbeda dengan pisang yang matang yang sangat bergizi dan kaya serat. Tidak seperti pisang matang, pisang mentah tidak mampu mengobati sembelit, malah membuat sembelit Anda semakin buruk. Maka dari itu, penting untuk Anda menghindari pisang mentah dan lebih memilih pisang masak untuk mengatasi masalah sembelit.

- Keripik
Keripik kentang adalah makanan rendah serat dan dapat mengisi perut Anda dengan cepat alias Anda akan cepat kenyang. Lebih buruknya lagi, ketika sedang makan keripik, Anda mungkin akan menghindari makanan normal termasuk buah-buahan dan sayuran. Terlalu sering mengunyah makanan ringan ini juga bisa menjadi faktor terkena sembelit.

- Cokelat
Cokelat hitam menurut beberapa penelitian memang baik untuk kesehatan Anda jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Tetapi, apabila asupan cokelat Anda berlebihan, bukannya menjadi sehat malah bisa berakibat buruk untuk kesehatan Anda. Cokelat juga dapat menyebabkan sembelit jika dikonsumsi berlebihan karena mengurangi gerakan usus. Lagipula, memakan banyak cokelat juga bisa memperlambat proses pencernaan Anda.

- Produk susu
Keju dan produk susu lainnya termasuk makanan rendah serat dan tinggi lemak. Makanan ini membuat pencernaan Anda menjadi lambat dan menyebabkan sembelit. Anda harus menyertakan sayuran saat makan keju, karena hal ini mampu mencegah sembelit. Makanan kaya serat akan mencegah sembelit karena dapat meningkatkan performa kerja usus Anda.

- Makanan beku dan makanan kemasan
Makanan-makanan ini rendah serat dan tinggi lemak. Makanan yang dibekukan dan berada dalam kemasan biasanya kaya akan sodium, bahan pengawet dan natrium. Kandungan natrium yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan Anda terkena sembelit, karena natrium menyebabkan hilangnya asupan air dari tubuh melalui urin. (Sumarni/ Boldsky)


(AWP)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /