Minim Pendaftar Pilkada, KPU: Kami Tidak Mau Tahu

Al Abrar    •    28 Juli 2015 20:47 WIB
pilkada serentak
Minim Pendaftar Pilkada, KPU: Kami Tidak Mau Tahu
Komisi Pemilihan Umum/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendaftar bakal calon kepala daerah dalam Pilkada serentak 2015 di hari terakhir terbilang sedikit. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) enggan mencampuri itu.

"Silakan tanya ke Partai Politik," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (28/7/2015).

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah bahkan menyebut persoalan itu bukan menjadi urusan mereka. KPU hanya bertugas memproses pendaftaran dan pelaksanaan Pilkada.

"Kami tidak tahu dan tidak mau tahu. Yang penting dia (calon peserta Pilkada) didaftarkan partai dan gabungan partai, memenuhi syarat, kan gitu. Kan sangat tidak mungkin kita masuk ke dalam (urusan rumah tangga parpol dalam mengusung calon)," terang Ferry.

Optimalisasi penjaringan, tambah Ferry, menjadi ranah partai. Mekanisme yang dijalankan pun adalah mekanisme organisasi kepartaian.

"Kalau memenuhi persyaratan kta terima. Kita tak tahu calon itu seperti apa. Jangan dipahami bahwa KPU terlibat dalam urusan seperti itu," tegasnya.

KPU telah menutup pendaftaran calon peserta Pilkada serentak pukul 16.00 WIB hari ini. Hingga ditutupnya pendaftaran masih ada satu daerah yang sama sekali tak mengirimkan calon.

"Ada daerah yang tidak ada sama sekali yang mendaftar, contoh Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, itu tidak ada yang daftar," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik dalam kesempatan berbeda.


(OJE)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /