Dari 39 Calon Ahwa, Tidak Ada Ulama dari Jombang

Nurul Hidayat    •    28 Juli 2015 21:10 WIB
muktamar nahdlatul ulama
Dari 39 Calon Ahwa, Tidak Ada Ulama dari Jombang
Ketua Majelis Pengasuh Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, KH Hasib Wahab. Foto: MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Dari 39 calon anggota Ahlul halli wal aqdi (Ahwa) yang dirilis Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), tidak ada satu pun ulama dari Jombang, Jawa Timur, yang muncul. Hal ini tentu akan mengundang kritikan, pasalnya Jombang merupakan kota kelahiran lembaga keagamaan terbesar di Indonesia ini. Pada saat ini, Jombang juga menjadi tuan rumah Muktamar ke-33 NU.

Ketua Majelis Pengasuh Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, KH Hasib Wahab, menyayangkan hal ini. Dia menilai masih banyak ulama di Kabupaten Jombang yang pantas menjadi calon anggota Ahwa. Di antaranya KH Aziz Mansur, KH Aziz Mashuri, dan kiai-kiai sepuh lainnya.

"Kalau sampai ulama asal Jombang tidak masuk dalam anggota ahwa, itu tidak sportif,” ujar putra KH Wahab Chasbullah ini, Selasa (28/7/2015).

Kiai Hasib menambahkan, anggota ahwa harusnya ulama yang karismatik di antara ulama NU yang ada saat ini.
”Ulama yang benar-benar tidak ada kepentingan apa-apa, tidak terkontaminasi politik, ikhlas, ulama yang hanya mengabdi untuk kepentingan dakwah," jelasnya.

Sekadar diketahui, anggota ahwa adalah ulama-ulama yang akan memilih rais am atau ketua umum PBNU saat muktamar. PBNU menetapkan sembilan dari 39 nama yang menjadi kandidat.


(UWA)

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018
Undian Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

Jadwal Pertandingan Babak 16 Besar Liga Champions 2017--2018

1 hour Ago

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions akan digelar pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018.…

BERITA LAINNYA
Video /