NasDem Sarankan Presiden Minta Kapolri SP3-kan Kasus Sarpin

Githa Farahdina    •    29 Juli 2015 04:22 WIB
sarpin effect
NasDem Sarankan Presiden Minta Kapolri SP3-kan Kasus Sarpin
Hakim Sarpin Rizaldi/ANT

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi III dari Fraksi NasDem Taufiqulhadi menyarankan Presiden Joko Widodo meminta Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menghentikan kasus Hakim Sarpin Rizaldi. Penghentian kasus pelanggaran Pasal 310 dan 311 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) atas laporan Sarpin terhadap Ketua Komisi Yudisial (KY) Suparman Marzuki dan Komisioner KY Taufiqurrahman Syahuri dilakukan agar kasus ini tak semakin meluas.

“Saya kira dalam kasus ini sebaiknya presiden meminta kepada Kapolri agar menghentikan saja kasus tersebut. Karena ini bukan hanya persoalan antara Sarpin serta Suparman Marzuki dan Taufiqurrahman Syahuri dengan melibatkan pula Kabareskim Polri," kata Taufiqulhadi melalui siaran pers yang diterima Metrotvnews.com, Selasa 28 Juli.

Kasus ini, tegasnya, merembet pada penilaian negatif masyarakat terhadap lembaga hukum. Ia mengkhawatirkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga negara hilang karena kisruh ini.

"Kalau hilang kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga konstitusional tersebut maka hancur juga kepercayaan terhadap negara,” tegasnya.

Menurut Taufiqulhadi, kasus ini seharusnya tak buru-buru dibawa ke ranah hukum. Polri sedianya mencermati posisi kedua Komisioner KY ketika mengeluarkan komentar.

“Jik dalam posisi tugas negara maka tidak boleh digugat karena dalih telah melakukan pencemaran nama baik. Kecuali mereka mengeluarkan statement tersebut secara pribadi dan tidak mewakili institusi Komisi Yudisial,” tambahnya.


(OJE)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /