Jadi Capim, Direktur Gratifikasi KPK Ingin Penindakan Bermanfaat Untuk Publik

M Rodhi Aulia    •    29 Juli 2015 07:51 WIB
capim kpk
Jadi Capim, Direktur Gratifikasi KPK Ingin Penindakan Bermanfaat Untuk Publik
Giri Suprapdiono. Foto: M Rodhi Aulia/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono mengaku lega dapat mengikuti seleksi calon pimpinan KPK tahap ketiga. Di sana ia menyampaikan beberapa pendapat terkait harapannya untuk masa depan lembaga antirasywah tersebut.

"Kita digali, bukan hanya sekadar kompetensi. Yang paling penting bahwa KPK ini bagaimana ke depan. Bagaimana hubungan antarlembaga. Siapapun yang terpilih fokus pada penguatan, pencegahan dan penindakan yang bisa dirasakan masyarakat (langsung)," kata Giri usai mengikuti tes di Pusat Pendidikan dan Latihan Aparatur Kementerian Kesehatan, Jalan Hang Jebat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2015).

Giri menjelaskan, salah satu visinya adalah penindakan yang dilakukan KPK bisa bermanfaat bagi masyarakat. Publik, kata dia, harus merasakan manfaat, terutama secara ekonomi.

"Penindakan yang bisa memperkuat ekonomi masyarakat. Dan jangan terlalu lama berkutat di krisis seperti ini," tukas Giri.

Giri adalah satu dari 48 capim yang diuji kemampuan dan kepribadiannya oleh para assessor atau pakar di bidangnya masing-masing. Seperti pakar hukum, mantan pimpinan KPK, pakar leadership, pakar IT dan lain-lain. Seleksi tahap ke tiga ini berlangsung dua hari sejak Senin 27 Juli. 

Sementara kemampuan yang diujikan adalah keterampilan bahasa Inggris, kemampuan presentasi yang baik akan suatu isu dan solusinya dalam enam slide dan kemampuan inti lainnya. Terutama di bidang hukum dan manajerial.

Selain itu terkait kepribadian, para capim diuji kedewasaannya dalam model tes leaderless group disscussion (LGD). Seluruh capim diuji sikapnya dalam menghasilkan keputusan secara kolektif kolegial. Pimpinan KPK tak boleh one man show lantaran status atau latar belakangnya. 

"Kita mencari tim yang dapat memimpin KPK lebih baik ke depan," tegas Ketua Pansel KPK Destry Damayanti beberapa waktu lalu.


(KRI)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /