Rentang Gerak Rupiah Bakal di Rp13.470-13.454/USD

Dian Ihsan Siregar    •    29 Juli 2015 08:52 WIB
kurs rupiah
Rentang Gerak Rupiah Bakal di Rp13.470-13.454/USD
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan nilai tukar rupiah akan melaju di level Rp13.470-13.454 per USD mengacu pada data kurs tengah Bank Indonesia (BI).

"Dalam satu hari ini laju Rupiah akan berada di level Rp13.470-13.454 per USD (kurs tengah BI)," ujar Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (29/7/2015).

Menurut dia, nilai tukar rupiah masih belum memiliki sentimen positif, sehinga membuat gerakannya cenderung bertahan di zona merah. Hal itu membuat rupiah semakin tertinggal jauh dari dolar AS (USD).

"Tidak beda jauh ulasan yang akan kami sampaikan, di mana belum adanya sentimen positif terhadap rupiah membuat pergerakannya cenderung masih bertahan di zona merah," kata Reza.

Selain itu, melemahnya mata uang Asia, terutama yuan yang berimbas pada won, yen, dan lainnya, juga akan memberikan imbas negatif pada Rupiah. Akibatnya sejumlah mata uang Asia pun tergilas penguatan USD.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, ‎meski hanya melemah tipis, tapi tetap harus diantisipasi adanya potensi pelemahan lanjutan. Belum adanya tanda-tanda penguatan Rupiah dapat membuat laju Rupiah dapat kembali melemah.

Menurut Reza, ‎laju rupiah akan berada di bawah level support Rp13.457 per USD. Sementara ini, dia melihat belum ada harapan terhadap perbaikan rupiah. Apalagi, pekan ini akan ada rilis FOMC The Fed sehingag makin memberikan tekanan pada rupiah.

"Semoga kekhawatiran kami ini terhadap rupiah tidak terlalu berkepanjangan," tutup dia.


(AHL)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /