Jangan Buat Keputusan Ini Saat Sedang Emosi

   •    29 Juli 2015 09:32 WIB
keluargakepribadian
Jangan Buat Keputusan Ini Saat Sedang Emosi
Saat emosi keputusan yang dibuat akan berujung penyesalan. (Foto:Huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyesalan tidak pernah datang di awal. Biasanya banyak orang yang membuat keputusan tergesa-gesa saat marah hingga pada akhirnya menyesal di kemudian hari atas putusannya tersebut. Penting untuk Anda membuat keputusaan setelah Anda merasa lebih tenang.

Tapi, mungkin itu sulit untuk dilakukan karena mengendalikan amarah dan membuat keputusan sepihak memang kerap terjadi. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa beberapa keputusan berikut sebaiknya jangan diambil saat sedang emosi, karena bisa dipastikan Anda akan menyesal.

1. Mengakhiri hubungan

Saat Anda benar-benar emosi dengan pasangan Anda, sudah jelas Anda mungkin akan tergoda untuk berteriak 'putus' pada si dia. Mengakhiri suatu hubungan secara mendadak  karena Anda marah bukanlah sesuatu yang baik. Iya, jika kekasih Anda mau memaafkan Anda setelah Anda mengakhiri hubungan, tapi bagaimana jika tidak? Anda pasti akan menyesal, karena menyadari bahwa Anda sebenarnya tidak bisa berpisah dengannya.

2. Menghadapi seseorang

Kemarahan memang membuat Anda ingin menghadapi orang yang membuat Anda marah. Namun, itu bukanlah ide yang baik. Ketahuilah, saat Anda marah, Anda tidak mampu berdebat dengan benar, dan mungkin racauan Anda menjadi tidak masuk akal. Lebih baik Anda menunggu sampai Anda lebih tenang sebelum berbicara dengan mereka bahkan dalam beberapa kasus dianjurkan supaya Anda lebih baik tidak mengatakan apa-apa.

3. Berhenti dari pekerjaan

Saat memiliki masalah di kantor, Anda tidak boleh langsung memutuskan untuk berhenti. Anda seharusnya berusaha untuk memperbaiki situasi. Jika Anda memiliki keluhan, jelaskan dengan tenang kepada bos Anda. Bahkan jika Anda tetap memutuskan untuk resign, akan lebih baik bila Anda keluar dengan baik-baik bukan karena pengaruh emosi.

4. Memposting di media sosial

Media sosial kerap jadi pilihan untuk melampiaskan amarah seseorang. Tapi, akan ada banyak masalah yang timbul saat Anda memutuskan untuk memposting kemarahan Anda di media sosial. Karena ini bisa dilihat oleh banyak orang dan membuat situasi semakin sulit. Bahkan jika Anda sudah menghapusnya, itu masih menjadi masalah karena orang-orang akan mengingat apa yang Anda posting. Maka dari itu, lebih baik Anda berkeluh kesah dengan seseorang daripada dengan media sosial. Karena ini lebih aman dan Anda juga akan lebih tenang.

5. Memutuskan hubungan keluarga

Ingat, jangan pernah membuat keputusan ini saat Anda marah. Karena akan sangat sulit untuk Anda membangun kembali tali silaturahmi dengan mereka khususnya keluarga Anda. Meskipun mereka 'beracun' untuk Anda, Anda tetap pelu mempertahankan hubungan baik dengan mereka.

6. Mengendarai mobil

Hindari mengemudi saat Anda marah karena itu bisa membuat Anda tidak fokus dan mungkin dapat menyebabkan kecelakaan. Tenangkan pikiran Anda dan kendalikan diri Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pergi menggunakan mobil atau motor.

Ketahuilah, bertindak gegabah bisa membuat situasi menjadi lebih buruk, yang mana akan membuat Anda menyesal ketika Anda sudah tenang. Semua keputusan perlu Anda pikirkan matang-matang. Anda harus mempertimbangkan dengan baik semua faktor yang terlibat dan akibat yang Anda dapatkan saat Anda membuat suatu keputusan. (Sumarni/Allwomenstalk)


(LOV)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /