Iriana Jokowi Jadi Nama Anggrek di Singapura

Mufti Sholih    •    29 Juli 2015 10:49 WIB
jokowi
Iriana Jokowi Jadi Nama Anggrek di Singapura
Iriana dan Jokowi----Ant/Widodo Jusuf

Metrotvnews.com, Singapura: Nama Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo (Jokowi) disematkan sebagai nama anggrek jenis Dendrobium Christabella di National Botanical Garden of Singapore. Penyamatan nama itu dilakukan saat kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Singapura, Rabu, 29 Juli.

Penyematan nama Iriana Jokowi itu dilakukan di akhir kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Negari Singa, sebelum kembali bertolak menuju Semarang, Jawa Tengah. Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengaku, terkesan dengan diplomasi bunga ala Singapura.

"Ini namanya diplomasi bunga, jadi bunga dijadikan alat persahabatan. Cara lain untuk menjalin persahabatan. Jadi cara-cara menjalin persahabatan tidak harus dengan meeting atau bertemu antardiplomat. Sangat berkesan memberi nama bunga Iriana Jokowi," kata Jokowi seperti dilansir Antara, Rabu (29/7/2015).

Nama anggrek jenis dendrobium itu aslinya, yakni Dendrobium Christabella dan kini menjadi Dendrobium Iriana Jokowi. Anggrek itu melengkapi koleksi National Botanical Garden of Singapore yang telah ada sebelumnya di antaranya anggrek Angela Merkel dan anggrek Ani Yudhoyono.


Dendrobium Iriana----Google Image

Singapura tercatat memiliki tradisi diplomasi yang unik salah satunya diplomasi bunga dengan memberikan nama-nama tokoh yang berkunjung ke National Botanical Garden of Singapore sebagai nama spesies tanaman tertentu. Iriana Jokowi mengaku, sangat terkesan ketika namanya disematkan pada salah satu jenis anggrek dendrobium yang cantik.

"Saya merasa terhormat, (padahal) di rumah tidak koleksi bunga," kata Iriana, namun Jokowi yang berada di sisinya seketika menyela. "Enggak koleksi apa? Banyak gitu kok," kata Jokowi yang disambut dengan tawa semua yang hadir termasuk wartawan yang mewawancarainya.

Iriana berpendapat anggrek merupakan tanaman yang mudah disukai oleh siapa pun karena kecantikannya namun merawat anggrek tidak boleh sembarangan melainkan harus penuh perhatian dan tulus dengan hati.


(TII)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /