NasDem Sinyalir Ada Calon Boneka di Wilayah Ini

Tri Kurniawan    •    29 Juli 2015 11:38 WIB
pilkada serentak
NasDem Sinyalir Ada Calon Boneka di Wilayah Ini
Kader dan simpatisan Partai NasDem mengibarkan bendera partai saat mengikuti kampanye di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu 16 Maret 2014. Antara Foto/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Surabaya: Partai NasDem mensinyalir calon boneka akan muncul di pilkada di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Karena itu, NasDem memutuskan tidak mendukung bakal calon kepala daerah di wilayah itu.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Timur Effendi Choirie mengatakan NasDem tidak mau mendukung calon boneka yang ditengarai akan muncul di daerah-daerah tersebut. Karena hanya ada satu
pasangan bakal calon mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"NasDem masih memiliki integritas (moral) politik sehingga enggan mengusung calon boneka. Lebih baik kibarkan bendera putih saja daripada mendukung calon boneka," kata Effendi Choirie, Rabu (29/7/2015).

Alasan lainnya, menurut pria yang akrab disapa Gus Choi ini, di empat daerah tersebut tidak ada pasangan bakal calon yang memenuhi standar moral Partai NasDem. Untuk 15 pilkada lainnya di Jawa Timur, NasDem memilih ikut serta dan akan mengerahkan segalanya untuk membuat pasangan bakal calon yang diusung menang.



Bakal calon Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan bakal calon Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana saat mendaftar di kantor KPU Surabaya, Jawa Timur, Minggu 26 Juli 2015. Antara Foto/M Risyal Hidayat

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai NasDem Surabaya Vinsensius Awey mengatakan partainya belum mengeluarkan surat untuk memberikan rekomendasi kepada siapapun bakal calon wali kota dan wakil wali Kota Surabaya.

Dia mengakui ada pertemuan rutin antara Ketua DPD NasDem Surabaya Sudarsono dan Ketua DPC PKB Surabaya Syamsul Arifin akhir-akhir ini untuk menyelamatkan pilkada di Surabaya. Namun, bukan dengan mengusung calon boneka.

"Kami sepakat menyelamatkan, tapi juga jangan mencederai (demokrasi) dan melahirkan pasangan boneka. NasDem menolak keras pasangan boneka," ucapnya.

Pilkada serentak di Jawa Timur dilaksanakan di 19 kota/kabupaten pada 9 Desember. KPU Kota Surabaya, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Blitar memperpanjang waktu pendaftaran 1-3 Agustus karena hingga pendaftaran ditutup kemarin, hanya ada satu pasangan bakal calon kepala daerah yang mendaftar. (Antara)


(TRK)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

22 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /