Kemendagri Siapkan Payung Hukum agar Kepala Daerah Tak Gampang Takut

Dheri Agriesta    •    29 Juli 2015 15:01 WIB
pembangunan
Kemendagri Siapkan Payung Hukum agar Kepala Daerah Tak Gampang Takut
Mendagri Tjahjo Kumolo--Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak kepala daerah dicokok dan terjerat kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor). Hal ini membuat banyak kepala daerah takut menjalankan program pembangunan daerah.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah tak perlu takut menjalankan program pembangunan selama sesuai mekanisme.

Sebab itu pemerintah menyiapkan payung hukum menyangkut pembangunan strategis nasional. Agar kepala daerah tak khawatir menjalankan program pembangunan nasional.

"Payung hukum kita siapkan menyangkut pembangunan startegis nasional. Saya kira enggak ada alasan takut," kata Tjahjo di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (29/7/2015).

Sementara itu, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Agung Mulyana menjelaskan bahwa kepala daerah justru wajib medukung dan melaksanakan pembangunan strategis nasional. Sebab, dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 jelas diatur seluruh kepala daerah wajib mendukung dan melaksanakan program strategis nasional.

Justru, jika kepala daerah tak melaksanakan program strategis nasional akan dikenakan sanksi. Pertama kepala daerah akan diberi teguran. Jika tak juga mendukung, kepala daerah bisa diberhentikan sementara dari jabatannya.

Bahkan kepala daerah dapat diberhentikan secara tetap. Hal ini sesuai dengan Pasal 67-68 dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014. "Itu sudah cukup kuat, Pasal 67-68 dalam UU 23 tahun 2014," tegas Agung.


(MBM)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /