Australia Akan Dirikan Konsulat di Makassar

Dheri Agriesta    •    29 Juli 2015 17:26 WIB
australia
Australia Akan Dirikan Konsulat di Makassar
Paul Grigson. Foto: Panca Syurkani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson menghadap Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pertemuan itu untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara yang sempat renggang pascaeksekusi mati dua warga negara Australia. 

Selain itu, perwakilan Australia juga menyampaikan keinginan mereka untuk mendirikan Gedung Konsulat di Makassar. "Beberapa hal, dia menyampaikan bagaimana hubungan Indonesia-Australia ke depan, ekonomi, rencana mendirikan konsulat di Makassar, dan juga program-program Australia di Indonesia," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (28/7/2015).

JK sadar, hubungan antara Indonesia dan Australia dalam enam bulan terakhir cukup renggang. Pertemuan ini juga membahas bagaimana kedua pihak bisa memperbaiki hubungan di semester kedua tahun ini.

Ada banyak hal yang dibicarakan untuk memperbaiki hubungan kedua negara. Namun, JK belum ingin merinci apa saja yang akan dilakukan untuk memperbaiki hubungan itu. "Bagaimana semester kedua ini menjadi lebih baik. Banyak hal yang kita bicarakan," pungkas JK.

Eksekusi mati terhadap dua warga negara Australia Andrew Chan dan Myuran Sukumaran sempat membuat panas hubungan kedua negara. Proses hukum terhadap dua gembong narkotika itu dikecam Australia. Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop sempat memanggil pulang duta besar. 


(KRI)