Stadion Termahal di Brasil Kini Hanya Menjadi Tempat Parkir

Hilman Haris    •    29 Juli 2015 19:07 WIB
liga dunia
Stadion Termahal di Brasil Kini Hanya Menjadi Tempat Parkir
Stadion Mane Garrincha (Foto: dok Populer Mechanics)

Metrotvnews.com,Brasilia: Brasil mengeluarkan banyak uang untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Selain memperbaiki infrastruktur seperti transportasi serta sejumlah akses, pemerintah Brasil juga mengucurkan dana besar untuk membenahi sejumlah stadion. 

Uang terbesar tersedot untuk memperbaiki Stadion Nacional Mane Garrincha yang terletak di Kota Brasilia. Kabarnya, perbaikan tersebut memakan biaya hingga USD 900 juta (sekitar Rp12 triliun).

Mirisnya, stadion itu hanya menjadi "barang rosokan" setelah Piala Dunia 2014 rampung. Seperti diberitakan Vox,  Stadion Nacional Mane Garrincha kini tidak dipergunakan untuk pertandingan sepak bola. Melainkan dipakai sebagai tempat parkir kendaraan roda empat dan bus.


(Lahan luas di sekitar Stadion Mane Garrincha digunakan untuk memarkir bus)

Situasi ini membuat masyarakat Brasil makin murka. Sejak awal, mereka memang sudah melancarkan protes kepada pemerintah yang dianggap terlalu menghambur-hamburkan uang  untuk menggelar Piala Dunia. Masyarakat takut, kemiskinan di Brasil makin meninggi karena uang yang harusnya digunakan untuk perbaikan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan habis untuk Piala Dunia.

"Piala Dunia meninggalkan banyak kerugian untuk Brasil. Kini, negara kami punya banyak utang. Piala Dunia sudah selesai. Sekarang saatnya kami menderita," tulis seorang reporter di Brasilia seperti dikutip NPR.

Penderitaan masyarakat di Brasil bukan tidak mungkin makin merana karena pada 2016 negara yang dikenal sebagai kiblat sepak bola itu akan menjadi tuan rumah Oliampide. Kejuaraan olahraga terbesar di dunia itu tentunya bakal kembali memaksa Brasil mengeluarkan kocek besar. 

Meski begitu, ada satu hal positif yang bisa didapat dari gelaran Olimpiade. Stadion Nacional Mane Garrinha tidak lagi menganggur karena bakal digunakan untuk venue pertandingan. (Vox)


(HIL)

Bos Napoli Lebih Khawatir dengan Inter Milan
Jelang Manchester City vs Napoli

Bos Napoli Lebih Khawatir dengan Inter Milan

11 minutes Ago

Bukan untuk meremehkan atau menomorduakan laga kontra City. De Laurentiis menyadari kalau kedua…

BERITA LAINNYA
Video /